Gemabudhi Kalbar Gelar Karya Bhakti dan Ziarah di TMP Dharma Patria Jaya

Kamis, 27 Mei 2021

Kubu Raya, Borneonetv.com- Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Kalbar melakukan karya bakti dan ziarah makam ke Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya, Kubu Raya, Kalbar, Rabu,(26/ 5/ 2021).

Karya bakti dilaksanakan dalam rangka merayakan Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021. Ketua Gemabudhi Kalbar, Steven Greatness mengatakan, karya bakti dan ziarah makam dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan tanda terima kasih umat Buddha kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Jasa para pahlawan itu tak bisa kita lupakan begitu saja. Kita bisa jalani kehidupan hari ini berkat jasa para pahlawan. Umat Buddha diajarkan sifat welas kasih, untuk itu perayaan Tri Suci Waisak wajib diisi dengan kegiatan positif seperti karya bakti, “ ujar Steven Greatness.

Steven menambahkan, tahun ini karya bakti tidak melibatkan ratusan umat karena masih pandemi Covid-19. Adapun yang terlibat hanya Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalbar, Kasi/Gara Kubu Raya, perwakilan Permabudhi, Wandani, HIkmahbudhi, dan KBMB Untan yang jumlahnya tidak lebih 30 peserta.

Meski tak ramai tapi tidak mengurangi makna dari kegiatan tersebut, perayaan Tri Suci Waisak tahun ini juga sederhana dan tetap dirayakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan bakti puja dilaksanakan terbatas di vihara dan umat dianjurkan mengikuti secara daring di rumah masing-masing,” tuturnya.

Ia berharap, momentum Waisak tahun ini memberi karma yang baik agar pandemi Covid-19 yang melanda dunia dapat segera sirna dari muka bumi, terutama di negara Indonesia yang kita cintai.

Saya mengajak seluruh umat Buddha agar bersama-sama berdoa meminta segera berakhir pandemi Covid-19, serta selalu bersyukur dan dekatkan diri kepada Tuhan sang Pencipta. Selain itu diimbau umat Buddha selalu mematuhi dan melaksanakan Prokes Covid-19 dalam merayakan Tri Suci Waisak,” pesannya.

Sementara, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalbar, Naryoto mengatakan, semarak Waisak tahun 2021, pemerintah mengusung perayaan Waisak 2565 BE dengan tema Bangkit Bersatu Untuk Indonesia Maju yang menggaris bawahi pentingnya moderasi beragama dan peningkatan nilai-nilai toleransi.

Moderasi beragama dan toleransi dinilai mampu mewujudkan persatuan di antara perbedaan-perbedaan yang ada di Indonesia. Persatuan menjadi modal dasar bagi kemajuan bangsa,” tutur Naryoto.

Melalui tema tahun ini, Naryoto mengajak umat memanfaatkan peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak sebagai momentum untuk menumbuhkan komitmen bersama menghilangkan sekat perbedaan dan amalkan moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Moderasi beragama merupakan bagian tak terpisahkan dari jati diri bangsa yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia. Umat Buddha tentu perlu untuk meninjau unsur pendukung persatuan ini,” pungkasnya. (L4Y).