Resmikan Kantor KSP CU Pancur Kasih, Menkop UKM Dorong Digitalisasi Koperasi

Sabtu, 29 Mei 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) RI Teten Masduki mendorong digitalisasi dengan penerapan Informasi Teknologi (IT) dengan terhubung dalam ekonomi digital.

Digitaliasi kita terbesar di Asia Tenggara. Jangan sampai ekonomi digital kita dikuasi oleh produk-produk luar,” pinta Teten Masduki, Sabtu (29/5), saat meresmikan Kantor Koperasi Simpan Pinjam (KSP)

Credit Union (CU) Pancur Kasih di Halaman Kantor CU Pancur Kasih. Kemudian, Menkop UKM juga meminta koperasi harus hadir didalam Digitisasi ekonomi.

Menkop juga mendorong, koperasi-koperasi besar seperti KSP CU Pancur Kasih untuk membantu meningkatkan daya saing produkUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kita.

UMKM kita, produktivitas dan daya saing produk kita rendah, masih menggunakan teknologi produksi yang masih sederhana,” jelasnya.

Dikatakannya, selama 34 Tahun KSP CU Pancur Kasih telah mewarnai gerakan CU di Indonesia untuk menghadirkan pembiayaan bagi masyarakat kecil untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.CU dan KSP hadir memberikan kemudahan aspek pembiayaan bagi UMKM,” ujarnya.

Kemudian, Menkop UKM juga menyampaikan ucapan Selamat Atas diresmikannya Kantor KSP CU Pancur Kasih dan Peringatan HUT Ke 34 CU Pancur Kasih.

Sementara, Gubernur Kalbar H Sutarmidji menyampaikan perkembangan Perkoperasian di Provinsi Kalbar. Jumlah Koperasi Aktif di Kalbar mencapai 2.987 dengan jumlah anggota sebanyak 1,22 juta orang dengan aset koperasi sebesar Rp. 15,24  Triliun.

Koperasi Simpan Pinjam yang terbesar itu CU Pancur Kasih,” kata H Sutarmidji, saat menghadiri mendampingi Menkop UKM meresmikan dan Peringatan HUT Ke 34 Tahun CU Pancur Kasih.

Sebagai sebuah entitas bisnis keuangan yang berbentuk koperasi, Pancur Kasih telah membuktikan kemampuannya, sehingga menjadi salah satu Koperasi besar di Indonesia dengan aset lebih 2,731 Triliyun rupiah, pinjaman beredar sebesar 1,788 Triliyun rupiah rupiah dan jumlah anggota sebanyak 176.041 orang.

Ketua Dewan Pengurus CU Pancur Kasih Gabriel Marto mengatakan, bahwa pembangunan Kantor Pusat CU Pancur Kasih ini merupakan anggaran yang bersumber dari dana anggota.

Setiap kali masyarakat menjadi anggota CU dengan membayar sumbangan gedung gedung sebesar RP 100.000 peranggota dan dikelola hingga 34 tahun kita bisa bangun kantor ini tanpa bantuan pihak manapun. Bangunan ini adalah milik Anggota,” kata Gabriel Marto.

Dikatakan, bangunan ini dibangun untuk menggantikan gedung lama yang berada di persimpangan Jalan 28 Oktober yang terkena imbas dari perluasan jalan untuk pembangunan bundaran.

CU Pancur Kasih sesengguhnya merupakan Perkoperasian sejati bukan koperasi merpati, diberikan umpan baru datang. Kita benar-benar koperasi sejati dengan tema berjuang bersama menuju kesejahteraan.

“Ini merupakan refreksi 34 Tahun perjalanan CU Pancur Kasih,” jelasnya.

Dijelaskannya, CU Pancur Kasih ini juga sarana rekonsiliasi, semua masyarakat dari berbagai golongan ras, suku, etnis dan agama telah bergabung di CU Pancur Kasih.

“Kita tidak mengenal sekat-sekat. Ini miliknya masyarakat, miliknya anggota. Semua anggota bertanggung jawab atas pengembangan CU Pancur Kasih. Dia sebagai pemilik, bukan hanya sebagai nasabah,” ujarnya.

Dijelaskannya, Anggota yang sudah tergabung dalam keanggotaan sampai bulan Maret 2021 sebanyak 176.041 orang, dengan total aset Rp 2,73 Triliun dan tersebar di 50 Kantor Tempat Pelayanan, 4 Tempat pelayanan Kas di seluruh Kabupaten/Kota di Kalbar minus Kapuas Hulu.

“Kapuas Hulu kita belum masuk. Mudah-mudahan diperjalanan kedepan kita bisa buka Kantor Kas Pelayanan,” jelasnya. (L4Y).