Melestarikan Budaya dan Adat, Koramil Sejangkung Hadiri Pelaksanaan Ritual Adat Sam Sam  

Senin, 31 Mei 2021

Sambas, Borneonetv.com- Masyarakat Suku Dayak desa Sebunga melaksanakan Ritual adat “SAM SAM” , Dusun Aruk, RT 001, RW 001, Desa Sebunga Kec. Sajingan Besar, Kab. Sambas, Kalimantan Barat, Senin, ( 31/ 5/ 2021).

Ritual Adat Sam Sam merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur yang dipercaya sebagai penjaga kampung. Adapun tujuan dari upacara ini adalah untuk meminta perlindungan, dari segala marabahaya, penyakit, meminta rejeki sekaligus mempertahankan adat dan tradisi suku dayak di Kec. Sajingan Besar.

Babinsa 02/Sejangkung Desa Sebunga Serda Roso dalam acara tersebut menyampaikan bahwa, masyarakat harus tetap melestarikan budaya dan adat yang sudah ada, meski zaman sudah modern seperti sekarang ini. “Melalui kegiatan ritual adat ini dapat melestarikan nilai-nilai budaya adat dayak setempat ujarnya.

Kepala Desa Sebunga Bpk Bernardus, SH. Mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang Sudah menyempatkan diri hadir dalam upacara Adat Sam Sam ini di Desa Sebunga ini.

Ia juga menjelaskan bahwa ritual tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta budaya yang harus dikenalkan kepada anak – anak muda di Kec. Sajingan Besar, harap Kades.

Harapan yang tidak jauh berbeda diungkapkan oleh Pemangku Adat Dusun Aruk Bpk Damianus Jidat, juga meminta perlindungan wabah penyakit yaitu virus covid-19, dan keselamatan negri yang kita cintai ini, ujarnya.

( Pendim 1208/ SBS)/ ( Dedi Anggara)