Gubernur Kalbar Terima Audiensi Direktur IPDN Kampus Regional Provinsi Kalbar

Selasa, 1 Juni 2021

Pontianak, Bormeonetv.com- Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. menerima audiensi dari Direktur Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Kampus Regional Provinsi Kalimantan Barat Zulkarnain Ilyas di Pendopo Gubernur Kalbar, Senin, (31/ 5/ 2021).

Kunjungan Direktur Kampus IPDN Regional Kalbar, Zulkarnain Ilyas, merupakan silaturahmi dan Koordinasi dengan Gubernur Kalbar.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum mengajak Direktur Kampus IPDN Regional Kalbar meninjau kolam ikan dan tanaman yang ada di pekarangan belakang Pendopo Gubernur Kalbar. Kolam ikan dan tanaman tersebut merupakan hasil pengelolaan dari Gubernur Kalbar sendiri.

Kampus IPDN memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Politik Pemerintahan yang terdiri dari dua jurusan, yaitu Jurusan Kebijakan Pemerintahan dan Jurusan Pemberdayaan Masyarakat. Kedua, Fakultas Manajemen Pemerintahan yang terdiri dari empat jurusan, yaitu Jurusan Manajemen Sumber Daya Aparatur, Jurusan Pembangunan Daerah, Jurusan Keuangan Daerah, dan Jurusan Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sebagaimana diketahui bahwa Kampus IPDN Regional di daerah diatur berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja IPDN ditetapkan: Kampus IPDN Manado, Kampus IPDN Kampus Makassar, Kampus IPDN Pekanbaru, dan Kampus IPDN Bukittinggi, yang selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor: 892.1¬829 Tahun 2009 ditetapkan lokasi pembangunan kampus IPDN di daerah yaitu: di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, di Kabupaten Bukit Tinggi Provinsi Sumatra Barat, di Kabupaten Kubu Raya (Sementara) & Mempawah (Kampus Baru) Provinsi Kalimantan Barat, di Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan di Jayapura Provinsi Papua.

Lulusan IPDN ini akan bekerja sebagai aparat pemerintahan baik di daerah atau di pusat. Banyak lulusannya yang menjadi lurah, camat, hingga bupati. Ada juga yang bertugas di kementerian dan lembaga. (L4Y).