Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi melalui Budidaya Ikan, Babinsa Desa Teluk Makjage Lakukan Pendampingan Bimbingan teknis Sistem Keramba

Kamis, 3 Juni 2021

Sambas, Borneonetv.com-Babinsa Makjage bersama Dinas Perikanan melaksanakan pendampingan kegiatan Bimbingan Teknis budidaya ikan dengan sistim karamba jaring apung di Aula desa Batu Makjage, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalbar,  Kamis, ( 3/ 6/ 2021).

Kegiatan Bimbingan Teknis budidaya ikan sistim karamba jaring apung tersebut menghadirkan Dinas Perikanan Kabupaten Sambas sebagai narasumber , Sekdes Batu Makjage, Bapak Ayub S.Sos, Babinsa Batu Makjage, Serda Mujianto dan Pendamping Desa, Bapak Risko Syakirin kepada dua puluh orang peserta .

Babinsa Makjage Serda Mujianto dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis tersebut sangat diperlukan bagi masyarakat guna membekali ilmu dalam mengembangkan budidaya perikanan melalui sistim karamba jaring apung di wilayah binaannya mengingat pupulasi ikan di lingkungannya sudah mulai berkurang sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ikan konsumsi.

Lebih lanjut Mujiono mengatakan bahwa cara budidaya ikan dengan menggunakan sistim karamba jaring apung, disamping murah dalam pembiayaannya juga sangat mudah dalam perawatannya serta hasil yang memuaskan sehingga memiliki nilai ekonomis yang baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimasa pendemi covid 19 seperti saat ini. Ungkapnya.

Di sesi lain pendamping desa Kecamatan Tebas bapak Risko Syarikin mengucapan terima kasih atas waktunya dan selaku pendamping desa saya sangat mendukung kagiatan ini, tentunya kegiatan seperti ini akan dapat menambah sumber penghasilan bagi warga yang mau mencoba dan berusaha karena cara ini sudah di praktekan di daerah yang lokasinya dekat dengan sungai karena airnya pun mengalir yang akan berdampak ikan lebih cepat besar dibanding yang dikolam. “Saya berharap warga masyarakat mau mencoba, kalau tidak mencoba tidak tahu kekurangan dan kelebihanya”, Ujarnya.

(Pendim 1208/SBS)/ ( Dedi Anggara)