Wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,  Danrindam XII/ TPR: Kita tumbuhkan rasa cinta tanah air kepada Generasi Muda

Kamis, 3 Mei 2021

Singkawang, Borneonetv.com – Dalam rangka mewujudkan sikap dan tingkah laku yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan menghindari penyimpangan-penyimpangan sosial yang dapat merusak norma-norma dan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, Rindam XII/Tpr memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada pengunjung Green Cafe yang berada di lantai dua R-Mart, jalan Pasir Panjang, Sedau, Kota Singkawang, Kalbar, Kamis, (3/ 6/ 2021).

Wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat membentuk dan menumbuhkan rasa cinta tanah air para generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa.

Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Washington Simanjuntak mengatakan, bahwa pelaksanaan pembinaan Wasbang ini bertujuan untuk membentuk komponen masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta cinta tanah air.

Dengan pembinaan Wawasan Kebangsaan ini, kita tumbuhkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus yang berlandaskan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara, guna mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” terang Danrindam XII/Tpr.

Danrindam juga menambahkan bahwa pelaksanaan Pembinaan Wasbang terhadap generasi muda ini merupakan implementasi program komunikasi sosial Rindam XII/Tpr yang merupakan salah satu wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan mempererat hubungan dengan seluruh komponen bangsa.

Kegiatan pembinaan Wasbang yang terlaksana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ini, Sertu Ardiansyah, Bintara Seksi Teritorial Sbagum Rindam XII/Tpr memberikan pemahaman kepada pengunjung Green Cafe tentang nilai-nilai Pancasila, diantaranya tentang keberagaman suku, budaya, adat istiadat, lagu-lagu Nasional dan serta agama di Indonesia tetapi tetap satu dalam Bhineka Tunggal Ika dengan menghormati satu sama lainya dan saling gotong-royong.

Selain itu, ia juga memberikan pengetahuan tentang kewarganegaraan dan bahaya Proxy War. Ini disampaikan karena rasa cinta tanah air dan bangsa yang terangkum dalam semangat patriotisme harus selalu tertanam dalam setiap sanubari rakyat Indonesia. Sehingga sebagai generasi muda dapat bahu membahu dalam membangun bangsa dan negara kedepannya.

Akhir-akhir ini rasa nasionalisme tersebut kian dirasakan tidak sekuat dahulu. Untuk itu perlu digalakan kembali semangat kebangsaan ini. Semangat inilah yang sangat perlu untuk ditumbuh kembangkan kepada generasi muda demi menciptakan generasi yang sangat mencintai tanah tumpah darahnya,” ucap Sertu Ardiansyah.

Pada penyampaian materinya, ia juga memberikan sosialiasi tentang protokol kesehatan yang harus ditegakkan dalam setiap kegiatan mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum juga berakhir. Sertu Ardiansyah juga menghimbau kepada pengunjung Green Cafe untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang lain, bangsa dan negara seperti kasus yang telah terjadi diantaranya daur ulang masker, daur ulang alat Rapid Test hingga vaksin palsu. Karena selain melanggar hukum, tindakan tersebut sangat membahayakan orang lain serta merugikan negara.

( Pen Rindam XII/ TPR)/ ( Dedi Anggara).