Kodim 1207/BS Pantau Vaksinasi Lansia

Jumat, 4 Juni 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Dalam rangka mendukung kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Kalbar dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kodim 1207/BS laksanakan pemantauan vaksinasi kepada lansia, bertempat di Restoran Pondok Kakap Jl. Ismail Marzuki Kel. Benua Melayu Darat Kec. Pontianak Selatan. Kalbar, Kamis, (3/ 6/ 2021).

Kehadiran personel Kodim 1207/BS dalam hal ini Babinsa Koramil 1207-10/Terentang Sertu Sugeng yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kodim 1207/BS untuk memastikan kelancaran dan ketertiban pelaksanaan vaksinasi lansia.

“Saya berharap selama pelaksanaan vaksinasi dari awal hingga selesai penerima vaksin, diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah agar tidak ada kendala ataupun hambatan yang terjadi” terang Sertu Sugeng.

Sugeng menerangkan para lansia sebelum pelaksanaan vaksin, seluruh peserta terlebih dahulu melaksanakan beberapa tahapan yaitu mengisi pendaftaran, cek tensi dan suhu badan dan screening oleh petugas kesehatan.

Dinyatakan sudah memenuhi syarat dan dinyatakan sehat baru dilaksanakan vaksinasi. Setelah melaksanakan vaksin, peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengantisipasi terjadinya reaksi terhadap vaksin.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Kalbar Yo Nguan Cua menerangkan bahwa

“Penerima vaksin hari ini adalah lansia, anggota Majelis Adat Tionghua, Puskop Keedit Union Indonesia dan umat Gereja Bethany yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan” kata Yo Nguan Cua.

Untuk lansia yang berumur 50 tahun keatas saya harapkan pukul 11.00 sudah mendaftarkan diri di tempat yang sudah ditentukan dan akan kita berikan jadwal untuk pelaksanaan vaksin, target vaksin hari ini kurang lebih 170 sampai dengan 200 orang.

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Dayang Yuliani, SKM, MPH menjelaskan pelaksanaan vaksinasi pada masyarakat kelompok lansia hari ini dan beberapa hari kedepan adalah untuk masyarakat dengan usia 50 tahun keatas.

“Kami berharap program vaksinasi yang tengah berjalan ini bisa membantu menurunkan angka keterjangkitan Ccovid-19 di Kota Pontianak” ucap Dayang.

Dengan gencarnya melakukan vaksinasi, maka jumlah kasus atau angka penularan covid-19 di Kota Pontianak turun terus sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.(L4Y).