Hadiri Dialog Kebangsaan dan Pelantikan DPD GMNI, Ini Harapan Wagub Kalbar

Selasa, 8 Juni 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Wakil Gubernur Kalbar, Drs H Ria Norsan, MH, MM menghadiri Acara Dialog Kebangsaan dan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kalbar di Hotel Maestro, Pontianak, Kalbar, Selasa, (8/ 6/.2021).

Wagub Kalbar Drs H Ria Norsan, MH, MM mengatakan, Dialog Kebangsaan dengan tema “Implementasi Pancasila Sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa dan Pedoman Perdamaian Dunia”,  perlu kita berikan apresiasi positif.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diharapkan dapat membangkitkan optimisme dan kepercayaan diri dalam membangun Kalbar. Kaderisasi tingkat menengah ini mencerminkan komitmen dan konsistensi Pengurus DPD GMNI Kalbar dalam menjalankan roda organisasi, untuk terus melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa dengan semangat nilai-nilai Pancasila dan rasa nasionalisme.

Sebagaimana kita ketahui organisasi kemahasiswaan mempunyai peran penting dalam roda perjalanan bangsa Indonesia,” harap Drs H Ria Norsan, MH, MM saat memberikan sambutan pada acara Dialog Kebangsaan dan Pelantikan Pengurus DPD GMNI Kalbar di Hotel Maestro.

Bahkan, jauh sebelum kemerdekaan Republik yang kita cintai ini, spirit untuk tidak dijajah oleh bangsa lain lahir dalam jiwa-jiwa pemuda Indonesia, Semangat lahirnya Indonesia gerakan mahasiswa nasionalisme tidak terlepas dari harapan rakyat akan kehidupan yang berdaulat, adil dan makmur.

Saya secara pribadi meyakini, peran DPD GMNI Kalbar bisa kita harapkan dan dapat diandalkan dalam membantu pemerintah guna menyelesaikan berbagai problem di tengah kehidupan rakyat kita, baik dalam konteks bermasyarakat, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di wilayah Kalbar,” jelasnya.

Dikatakannya, sekarang bangsa kita menghadapi banyak tantangan, mulai dari menurunnya semangat nasionalisme, toleransi, tingginya prasangka dan semakin sensitifnya toleransi kita dalam beragama.

Sedangkan pada bagian kehidupan lain masih banyak permasalahan yang belum terselesaikan, seperti kemiskinan, kebodohan, permasalahan moral anak bangsa, dan masalah sosial lainnya.

Tentu saja kondisi tersebut membutuhkan kerjasama semua pihak untuk mengatasinya, termasuk peran GMNI Kalbar di dalamnya.

Mudah-mudahan semangat, tekad, dan kebersamaan GMNI Kalbar untuk menebarkan Semangat Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa dan sebagai pedoman perdamaian dunia. Ayo kita bersama-sama merawat Kalbar yang kita cintai ini, untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, damai dan lebih sejahtera,” ujarnya.

Kemudian, Mantan Bupati Mempawah juga menyatakan bahwa bertepatan dengan Bulan Juni ini, seluruh masyarakat Indonesia sedang memperingati hari lahirnya Pancasila.

Dimana dibawah Burung Garuda itu, dibagian bawahnya tertulis kalimat Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia.

Kita masyarakat Kalbar terdiri dari berbagai suku, berbagai adat istiadat dan berbagai agama. Mari kita saling hormat menghormati, saling beriringan tangan untuk membangun Kalbar yang kita cintai,” pesan Ria Norsan. (L4Y).