Kejati Kalbar Serahkan Enam Tersangka Tipikor PTPN XIII ke Kejari Sanggau

Penyerahan enam tersangka Tipikor PTPN XIII beserta barang bukti dari Kejati Kalbar ke Kejaksaan Negeri Sanggau, Senin (7/6/2021).

Sanggau, BorneOneTv.com – Enam tersangka Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terkait pembukaan dan penanaman area tanaman baru kebun sawit oleh PTPN XIII tahun 2012, di Desa Kembayan, Kabupaten Sanggau akhirnya diserahkan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalbar ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau, Senin (7/6/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus mengatakan, pelaksanaan penyerahan tersebut dilakukan di Kejati Kalbar, kemudian terhadap para tersangka dititipkan kembali di Rutan Kelas II A Pontianak.

“Ya, sudah dilakukan penyerahan tanggung jawab tersangka beserta barang bukti dari Kejati Kalbar kepada Penutut Umum Kejaksaan Negeri Sanggau. Mengingat locus delicti atau tempat kejadian perkara dimaksud di wilayah Kabupaten Sanggau, maka tahap penuntutan teregister di Kejari Sanggau,” ujar Tengku Firdaus saat ditemui di ruang kerjanya.

Diceritakan Tengku, bahwa kasus ini terjadi pada tahun 2012, penyidikan dilakukan pada tahun 2019. Pada tahun 2021 dilakukan penetapan dan penahan terhadap enam orang tersangka tersebut.

“Enam orang tersangka tersebut terdiri dari HD, FH, HL, MS, AB dan S,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, enam tersangka itu telah diduga melakukan Tipikor pembukaan dan penanaman area tanaman baru kebun sawit oleh PTPN XIII tahun 2012. Akibat dari perbuatannya itu, negara mengalami kerugian keuangan sebesar Rp854.040.325,04 dari total uang yang sudah ditransfer dari kantor Kebun Kembayan kepada 3 rekanan/pelaksana untuk pekerjaan penanaman seluas 1.150 hasebesar Rp1.461.333.777. (pul)