Wagub Kalbar Harap Agro Wisata Sagatani Jadi Destinasi Wisata Baru

Jumat, 11 Juni 2021

Singkawang, Borneonetv.com- Wakil Gubernur Kalbar, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H. yang juga Pembina dan Penasehat Agro Wisata Sagatani, menghadiri  Ritual Adat sekaligus acara Penanaman Perdana Bibit Unggulan di Agro Wisata Sagatani, di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kamis, (10/ 6/ 2021).

Wagub Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini merupakan awal dari tempat Agro Wisata Sagatani ini diharapkan agar ada destinasi wisata baru yang nanti akan dapat memberi konstribusi untuk Kota Singkawang.

Saya melihat Agro Wisata Sagatani ini itu pembangunan yang berwawasan lingkungan, yang menjaga kelestarian lingkungan, dan ini juga nanti Insyaallah mungkin, akan dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan dari Kalbar dan bahkan dari mancanegara. Kita harapkan dengan pembangunan ini, masyarakat di Sagatani mendukung dengan sepenuhnya,” ungkap H. Ria Norsan.

Dirinya juga mengatakan, biasanya yang paling banyak dilihat di Singkawang adalah alam lautnya, dan mungkin ini nanti alam pegunungan. Sehingga nantinya akan ada pilihan masyarakat untuk berekreasi, apakah memilih alam gunung atau alam laut yang ada di Kota Singkawang.

Masih kata orang nomor dua di Kalbar ini, bahwa dengan adanya kegiatan Agro Wisata Sagatani ini tentunya akan ada _multiplyer effect_, baik secara ekonomi, budaya, dan sektor-sektor lainnya, dan tentu kegiatan ini harus didukung oleh pemerintah daerah.

Sementara,Wakil Wali Kota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si.,  menyambut baik Agro Wisata Sagatani.

“Tentunya masyarakat Singakwang dan Pemerintah Singkawang menyambut baik kegiatan Agro Wisata ini, dilihat begitu antusias dan begitu partisipatifnya tokoh masyarakat, tokoh adat, dan termasuk stakeholder yang ada di Sagatani ini,” jelas Drs. H. Irwan, M.Si.

Selain itu, Ketua Adat, Lorensius mengatakan, dirinya juga mendukung adanya Agro Wisata Sagatani.

Saya selaku Ketua Adat, sangat mendukung yang namanya investor masuk ke Sagatani. Siapapun dia orangnya dan selalu mengajak masyarakat adat untuk selalu menjaga keamanan, agar tidak mengganggu istilahnya kenyamanan-kenyamanan para investor kita, sehingga memberikan (dampak) ekonomi di kemudian hari. Ekonomi di Sagatani terutama, akan berubah signifikan, sehingga Sagatani akan punya nilai lebih di Kota Singkawang,” ungkap Lorensius.

Sebagi Informasi, Agro Wisata ini akan ditanam seperti buah-buahan, misalnya jambu king red, beberapa jambu unggulan, mangga unggulan, durian khusus, dan akan ditanami jenis durian sebanyak-banyaknya, yang dikenal dengan durian unggul.

Rencananya, di wilayah Agro Wisata Sagatani ini akan dicoba untuk ditanam satu varietas durian unggulan Sagatani sebagai pengembangan khusus, agar wisatawan dapat membeli hasil buahnya untuk dijadikan buah tangan.

Kemudian, separuh dari luas 18 hektare Agro Wisata Sagatani akan dibangun fasilitas wisata lain sebagai pendukung. (L4Y).