Jumlah Vaksinasi Covid-19 di Sanggau Telah Capai 12.643 Jiwa

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sanggau, Ginting.

 

Sanggau, BorneOneTv.com – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting mengatakan, bahwa jumlah orang di Kabupaten Sanggau yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 hingga detik ini berjumlah 12.643.

“Data ini sesuai dengan ketersediaan dosis vaksin yang kita terima sampai saat ini. Jadi begitu ada alokasi vaksin untuk kita, langsung kita lakukan vaksinasi,” ujarnya, Senin (14/6/2021).

Dikatakan Ginting, dari 12.643 tersebut sesuai petunjuk teknis dari Kementrian Kesehatan prioritasnya ada tiga sasaran. Pertama tenaga kesehatan, kedua pelayanan publik dan terakhir lansia. Total vaksin tersebut terdiri dari Vaksin Sinovac 12.230 Vaksin AstraZeneca yang dikhususkan untuk TNI/Polri berjumlah 413.

“Sampai hari ini cakupan kita khusus untuk lansia belum cukup tinggi, baru 2,18 persen. Sementara untuk tenaga kesehatan sudah 100 persen, ada pun tenaga kesehatan yang belum divaksin yakni yang belum memenuhi syarat. Itupun dalam hitungan kecil. Kemudian untuk pelayanan publik 23 persen,” bebernya.

Jadi untuk masyarakat Kabupaten Sanggau terlepas dari tiga sasaran tersebut sebagaimana tertuang dalam petunjuk teknis akan ada pengaturan lebih lanjut. Hanya saja kata Ginting sampai detik ini sesuai petunjuk tiga sasaran tersebutlah yang diprioritaskan.

“Sementara untuk target, tentu kita sama dengan di pemerintah pusat, bahwa awal tahun 2022 semua sudah divaksin. Setidaknya 70 sampai 80 persen dari total penduduk Kabupaten Sanggau. Tentu semuanya yergantung dari alokasi vaksin lagi yang kita dapatkan nantinya,” pungkasnya. (pul)