DPP LSKM Kalbar Diminta Memegang Fungsi Utamanya sebagai Ormas

Rabu, 16 Juni 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH,M.Hum Diwakili Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si menghadiri malam Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Laskar Satuan Keluarga Madura (DPP LSKM) Kalbar Periode 2021-2026 di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Selasa, (15/ 6/ 2021).

Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH,M.Hum meminta Kehadiran Organisasi Kemasyarakatan, yang salah satunya adalah LSKM Kalbar, hendaknya benar-benar dapat memberikan nilai lebih dalam bentuk peran dan fungsinya bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

“Partisipasinya bukan semata-mata hanya untuk kepentingan organisasi, melainkan harus ditujukan untuk kepentingan yang lebih luas, yaitu kepentingan bangsa dan negara,” pinta Gubernur Kalbar dalam sambutan yang disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si, saat menghadiri Malam Pelantikan DPP LSKM Kalbar di Hotel Kapuas Palace.

Dikatakannya, Kemampuan menempatkan kegiatannya di atas kepentingan kelompok dan golongan inilah yang justru merupakan salah satu indikator wujud partisipasi organisasi dalam pelaksanaan pembangunan dan sebagai mitra dari Pemerintah.

“Saya mengingatkan, agar LSKM Kalbar selalu memegang fungsi utamanya sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas),” ingatnya.

Sangat diperlukan adanya upaya-upaya secara bersama-sama dari segenap komponen bangsa, termasuk di dalamnya organisasi kemasyarakatan. Organisasi kemasyarakatan senantiasa pula berupaya menciptakan situasi yang kondusif dengan membangun kesadaran dan komitmen untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tentunya, dengan menggali dan mengembangkan segenap potensi adat-budaya untuk kepentingan pembangunan, meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam wujud toleransi dan persaudaraan, dengan mengesampingkan unsur primordialitas dan etnisitas, serta dapat menjadikan perbedaan dan keberagaman khasanah budaya bangsa sebagai perajut harmonisasi di tengah kehidupan masyarakat yang pluralistik ini,” jelasnya.

Kemudian, masih dalam sambutan, Gubernur Kalbar mengajak kepada kita semua khususnya organisasi kemasyarakatan selalu berpikir rasional, memegang teguh etika dan moral, ikut dalam menegakkan hukum dan keadilan, membangun budaya yang tumbuh dari kepribadian dan selaras dengan jati diri bangsa yang sehat, mempertahankan kemerdekaan, dan ambil bagian dalam setiap proses pembangunan.

“LSKM Kalbar dengan gerakan dan aktivitasnya di tengah-tengah kehidupan masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan partisipasinya dan bersama-sama dengan Pemerintah mengembangkan kehidupan yang demokratis, demi tetap tegak dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” pesannya.

Dijelaskannya, pelantikan DPP LSKM Kalbar ini dapat kita jadikan sebagai sarana bagi kita semua untuk saling bersilaturrahmi, guna mempererat persaudaraan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan antara sesama anak bangsa, khususnya keluarga besar LSKM di Kalbar walaupun di tengah Pandemi Covid-19.

“Atas nama Pemprov Kalbar, saya mengucapkan selamat dan sukses atas dilaksanakannya Pelantikan Pengurus DPP LSKM) Kalbar. Semoga para Pengurus dapat memberikan Sumbangsih gerakan nya dalam mendukung Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Daerah Kalimantan Barat dalam berbagai bidang,” ucapnya. (L4Y).