Sekda Kalbar Buka Acara Pendampingan Penguatan Implementasi SAKIP

Kamis, 17 Juni 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, A.L. Leysandri, S.H., membuka acara Pendampingan Penguatan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Hotel Aston Pontianak, Rabu, (16/ 6/ 2021).

Sekda Kalbar, A.L. Leysandri mengatakan, bahwa seperti kita ketahui, SAKIP adalah sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, di mana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Penyelenggaraan SAKIP mempunyai tujuan akhir pada peningkatan kualitas pelayanan publik, melalui sejumlah perubahan seperti perencanaan strategis yang berkualitas, penjabaran kinerja, keterlibatan dari pemangku kepentingan, serta pelaporan kinerja yang berkualitas.

“Saya berharap kegiatan ini mampu mendorong tujuh Kabupaten di wilayah Kalbar (Kabupaten Bengkayang, Kayong Utara, Kubu Raya, Landak, Melawi, Sanggau dan Sintang) untuk meningkatkan penyelenggaraan SAKIP di daerah masing-masing, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, melayani secara adil dan bijaksana melalui perbaikan-perbaikan yang ditindak lanjuti,” harap A.L Leysandri.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa proses panjang dalam mewujudkan tanggung jawab moral untuk melakukan reformasi birokrasi, sebagai pintu masuk dalam melakukan akselerasi pelayanan kepada masyarakat secara lebih optimal.

“Komitmen yang kuat serta dukungan semua pihak sangat diperlukan dalam mewujudkan lembaga pemerintahan yang akuntabel. Pemprov bisa baik kalau kabupaten/kota juga men- _support_,” pungkasnya.(L4Y).