Tim Penyidik Cabjari Entikong Segel Dua Bangunan di Desa Pengadang, Ini Penyebabnya

Tim Penyidik Cabjari Entikong Ditemani Inspektorat Sanggau menyegel dan memeriksa dua bangunan di Desa Pengadang yang menggunakan dana APBDes Tahun Anggaran 2019, Kamis (17/6). (Ist)

Sanggau, BorneOneTv.com – Tim Penyidik Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Sanggau di Entikong, menyegel dua bangunan di Desa Pengadang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, pada Kamis (17/6). Kedua bangunan tersebut adalah bangunan PAUD dan bangunan BUMDes.

Saat dikonfirmasi, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong, Rudi Asnanto membenarkannya, bahwa tim Penyidik Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong dan Inspektorat Kabupaten Sanggau melaksanakan penyegelan.

“Selain penyegelan sekaligus pemeriksaan fisik terhadap hasil penggunaan dan pengelolaan APBDes Desa Pengadang Tahun Anggaran 2019 yang diduga terdapat tindak pidana korupsi di dalamnya,” jelas Rudi.

Untuk bangunan PAUD, kata Rudi dikerjakan sejak tahun 2019, baru sekitar 70 persen pengerjaannya, sementara bangunan BUMDes mencapai 15-20 persen pengerjaannya. Kemudian, ada juga beberapa kegiatan masyarakat yang fiktif.

“Kerugian sementara mencapai Rp 400-an juta, tapi ini sementara ya, karena perhitungannya masih berlsngsung,” terangnya.

Saat ini perkara tersebut masih dalam proses Penyidikan. Calon tersangka serta para saksi telah diperiksa.

“Sudah 15 saksi yang kita periksa. Setelah angka kerugian negara ditemukan, maka akan dilanjutkan dengan penetapan tersangka,” pungkasnya. (pul)