Tatap Muka Di Desa Paal, Haryono : Mari Bersama Tekan Kasus Covid-19

Kasat Binmas Polres Melawi, Iptu Haryono, saat menyampaikan pengarahan di Balai Desa Paal. (Foto : Dedi Irawan) 

Melawi, BorneOneTv.com – Polres Melawi menggelar Tatap Muka (Tapka) dengan masyarakat Desa Paal, Senin (21/6/2021) di Balai Desa Paal. Kecamatan Nanga Pinoh, kabupaten Melawi. Kegiatan itu dihadiri Kasat Binmas bersama anggotanya, Ketua BPD, Kepala Desa Paal, para Kepala Dusun, para ketua RT, serta para perangkat desa lainnya dan sejumlah tokoh pemuda, tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Paal, H Sukarman mengatakan, sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Melawi. Ini adalah bentuk perhatian dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas)

Bacaan Lainnya

“Setelah mengikuti kegiatan tatap muka dan FGD yang dilaksanakan Polres Melawi ini, maka Kepala Dusun, RT dan BPD bisa menyampaikan ya kembali kepada masyarakat, agar informasi yang kita terima bisa sampai dengan baik. Sehingga Kamtibmas masyarakat bisa tetap terjaga,” paparnya.

Ia juga mengatakan, Polres Melawi khususnya Satuan Narkoba menginginkan desa Paal menjadi desa tanggung narkoba. Sehingga harus membantu pihak kepolisian dalam melakukan penindakan.

“Jika ada yang main-main dengan narkoba, maka sampaikan dengan saya, maka saya akan menyampaikan ya ke Polres untuk ditindak lanjuti, agar bisa di proses dan ditindak. Membasmi dan mencegah peredaran narkoba di Desa itu kewajiban kita bersama,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kasat Binmas Polres Melawi, Iptu Haryono, mengatakan bahwa Indonesia, tak terkecuali Melawi, saat ini sedang mengalami bencana non alam yakni pandemi covid-19. Sehingga, Satgas Covid-19, TNI dan Polri harus bekerja keras memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Yang mana kita ketahui, bahwa Melawi ini sempat masuk dalam zona merah, dan petugas harus bekerja keras menurunkannya menjadi zona orange, dan masih terus bekerja keras agar hingga memasuki zona hijau serta menjadi aman dari Covid-19,” paparnya.

Untuk di Desa Paal. Kita sangat salut. Karena sangat menerapkan protokol kesehatan. Melakukan pencegahan dengan menyediakan Posko Covid-19, serta menyalurkan bantuan kepada setiap rumah ibadah, berupa alat pencegahan covid-19.

“Ini sangat kami apresiasi. Bahkan pihak dari Polda yang sempat berkunjung ke Posko Desa Paal, juga sangat mengapresiasi pihak pemerintah Desa Paal yang sangat peduli dengan masyarakatnya,” paparnya.

Kemudian terkait narkoba, Kasat Narkoba menyampaikan bahwa akan menetapkan kampung tanggung narkoba, yang bekerjasama dengan Sat Binmas dan Kepala Desa.

“Jadi perlu kerjasama dengan masyarakat, untuk menghindari peredaran narkoba ini. Jika masyarakat menemukan, mengetahui, pemakai, pengedar, maka segera laporkan. Kemudian jika itu menyangkut oknum anggota, maka jangan takut. Tetap laporkan ke kita, maka kita akan rahasiakna yang melaporkannya,” ucapnya.

Akibat narkoba, lanjutnya, sangat merusak generasi bangsa. Karena siapapun yang sudah terkena sudah memakai narkoba, maka akan sangat sulit diobati, jika tidak niat dari dirinya sendiri. ” Maka kita harus ikut berantas narkoba ini,” pungkasnya. (Ira)