Sekda Kalbar Minta Kades/Lurah Benahi Tata Kelola Pemerintahan

Kamis, 24 Juni 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Sekretaris Daerah Kalbar A.L Leysandri, S.H. meminta kepada Kepala Desa/Lurah yang terlibat dalam pemaparan penilaian untuk membenahi tata kelola pemerintahan di Desa/Lurah.

“Mari dibenahi tata kelola pemerintahan desanya. Oleh karena itu diharapkan para kades yang masuk dominasi pada hari ini tidak hanya memoles sesaat, kemudian para pendamping desa agar bisa membina terus bahkan kalau dapat Provinsi, Kabupaten mengevaluasi desa-desa terdahulu yang sudah dapat nilai tertinggi untuk di evaluasi sejauh mana perkembangannya terutama dalam desa mandirinya sebagai mana yang diharapkan dalam kategori desa mandiri,” kata A.L Leysandri, S.H saat membuka acara Pemaparan Kepala Desa/Lurah 3 Besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat secara Virtual di Ruang Audivisual Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (24/6).

Dirinya juga berharap kegiatan ini dapat menjadi wakil di tingkat Nasional.

“Harapan Kami (Pemprov Kalbar) mereka (Desa/Lurah) bisa menjadi wakil di tingkat nasional. Karena tidak asing lagi bagaimana kita ini seperti saya bilang memahami Desa mandiri itu supaya mereka bisa menjadi suara kita untuk di desa lain karena pemahan Desa Mandiri ini yang terpenting,” ungkapnya.

Dikatakannya, setiap desa mempunyai potensi seperti perkebunan, pertanian, perikanan dan lain-lain, ini yang harus kita kelola dan diharapkan desa dalam mengelola pertaniannya dan ada konsep baru yang namanya buka lahan tanpa bakar.

“Ini juga salah satu yang akan di dorong melalui dinas pertanian. Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan oleh para Kades ketika musim tanam,” ujarnya.

Masih kata mantan Sekda Sanggau, menghimbau kepada masyarakat di masa pandemi ini untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

“Dengan himbauan Gubernur. Mari kita vaksin dengan target satu haru itu 1000 Orang dan itu yang harus kita jalani, mari bersama Pemerintah gerakan vaksinisasi harus kita ikuti,” ajaknya.

Disamping itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalbar, Ir. Yuslinda, M.M. mengatakan tujuan diselenggarakanny lomba Desa dan Kelurahan ini untuk mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di wilayahnya serta pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan sumber daya yang ada, mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa dan kelurahan pada aspek penyelenggaran pemerintah, kewilayahan dan kemasyarakatan dan sebagai bentuk apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada pemerinyah desa dan kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Adapun peserta pemaparan Kepala Desa/ Lurah Tiga besar lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021 yaitu: Kepala Desa Pemangkat Kota Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas, Kepala Desa Semitau Hulu Kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Desa Perigi Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang, Lurah Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak. (L4Y).