Sidot Minta Pihak Sekolah Proaktif Jolok Bantuan Kuota Gratis dari Kemendikbud 

Anggota DPR RI Komisi X Dapil Kalbar II, Asia Sidot

 

Sanggau, BorneOneTv.com – Anggota DPR RI Komisi X Dapil Kalbar II, Asia Sidot mengatakan, bahwa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2021 ini kembali menyiapkan kuota gratis untuk seluruh peserta didik se-Indonesia yang berasal dari dana APBN.

Kuota tersebut diperuntukan dari mulai PAUD hingga mahasiswa. Dari itu, Sidot mengimbau kepada pihak sekolah, khususnya di Kalbar agar proaktif untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Tinggal persoalannya sekarang pihak sekolah sudah dimasukan belum siswanya dalam daftar Data Pokok Pendidikan (Dapodik),” ujarnya ditemui usai menghadiri kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dan Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, di Aula Perpustakaan Daerah Sanggau, kemarin.

Dikatakan Sidot, apabila siswa sudah terdaftar dalam Dapodik dan tercantum nomor telefon selulernya, maka akan secara otimatis kuota tersebut terisi di nomor yang terdaftar.

“Misalnya anak saya, dia sudah terdaftar di Dapodik yang didaftarkan kepala sekolahnya dan dilaporkan ke kementerian beserta nomor telefon selulernya. Begitu data itu sampai di kementerian, secara otomatis kuotanya akan terisi,” terangnya.

Sidot yang menangani bidang pendidikan olahraha dan sejarah ini kembali menekankan, agar baik siswa maupun pihak sekolah proaktif, karena ia menilai, khusus di Kalbar banyak yang belum tahu dan memahami bantuan yang diberikan oleh kementerian tersebut.

“Sebenarnya kalbar ini kurang sosialisasi. Banyak yang belum tahu bantuan ini. Entah kurang informasi atau dari sekolahnya yang malas cari informasi, saya tidak tahu itu. Intinya pesan saya pihak sekolah harus proaktif. Karena bantuan dari kementrian itu sebenarnya banyak sekali di masa pandemi covid-19 ini,” pungkasnya. (pul)