Banser Lakukan Pembaretan Kader, Zarkasi : Komitmen dan Tanggung Jawab Sangat Dibutuhkan

Para peserta kegiatan mengikuti proses Pembaretan sebagai Anggota Banser. (Foto : Sigit)

Kapuas Hulu. BorneOneTv – Satuan Koordinasi Cabang Barisan Ansor Serbaguna (Satkorcab Banser) Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan rangkaian kegiatan Pembaretan Kader, Minggu (27/6/2021). Sebelum dilakukan Pembaretan, para Kader terlebih dahulu menjalani serangkaian kegiatan sejak Sabtu (26/6/2021). Kegiatan itu dipusatkan di Kecamatan Bunut Hulu.

Terdapat 41 Peserta dalam pemabaretan itu, terdiri dari 3 Orang Peserta asal Kabupaten Sintang dan 38 orang peserta yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu. Para peserta dibagi ke dalam 4 kelompok yang dimulai dengan melaksanakan kegiatan Caraka Malam dengan rute Desa Semangut utara, Desa Nanga semangut, Desa Temuyuk, Desa Sui. Besar, Desa Pantas Bersatu dan Desa Nanga Sebilit.

Bacaan Lainnya

Pelepasan Peserta di mulai pada Sabtu Sore dan kembali di titik kumpul pada minggu pagi dalam keadaan lengkap, yang kemudian dilanjutkan dengan Prosesi Pembaretan sebagai penutup kegiatan. Pada proses itu dihadiri oleh Kasatkorwil Banser Kalbar, Sahabat Zarkasi.

Sebelum Pembaretan dimulai, terlebih dahulu melakukan upacara. Dalam Amanatnya, Zarkasi selaku inspektur upacara menyampaikan pesan-pesan untuk segenap Kader Banser dan Denwatser Kapuas Hulu.

“Untuk berkhidmad kepada NU, Ansor dan Banser diperlukan Pengorbanan, keikhlasan dan komitmen yang sungguh-sungguh. Semoga dengan Pembaretan ini dapat menambah rasa tanggung jawab bagi kita semua terhadap Bangsa, Agama dan Organisasi yang kita cintai” Ucap Zarkasi dalam Amanatnya.

Dengan dilakukannya Prosesi ini, maka 41 Peserta yang mengikuti kegiatan berhak untuk menggunakan Baret Banser sebagai Simbol tertinggi keanggotaan. (*)

Penulis : Sigit

Editor : Dedi Irawan