Cerdaskan Anak Perbatasan, Satgas 643 Sulap Ruang Serbaguna Jadi Perpustakaan

Kamis, 1 Juli 2021

Sambas, BorneOneTV.com- Tepat di ujung barat perbatasan RI-Malaysia, Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pos Sei Tengah, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti menyulap ruangan serbaguna Pos menjadi perpustakaan umum, Kamis, (1/ 7/ 2021).

Perpustakaan merupakan pintu gerbang ilmu pengetahuan, selain itu juga sebagai tempat hiburan dan akses gratis layanan informasi.

Danpos Sei Tengah, Letda Inf Baso mengatakan, inovasi membuat perpustakaan bertujuan agar anak-anak perbatasan mendapatkan suasana baru dalam metode belajar, menambah minat membaca buku dan pengetahuan untuk meningkatkan prestasi.

Dikatakan juga, pada hari pertama dibukanya perpustakaan antusiasme anak-anak menyambut dan membaca buku sangatlah baik. Ini merupakan terobosan untuk menanamkan budaya membaca pada anak-anak. Sehingga bisa membentuk karatakter dan kepribadian yang baik pada anak.

“Kita tetap menerapkan protokol kesehatan kepada anak-anak yang berkunjung ke perpustakaan,” ujarnya.

Sedangkan Annisa (9th) salah satu anak perbatasan Dusun Sungai Tengah, mengungkapkan, sangat senang dengan adanya perpustakaan ini.

“Kami bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru dari beragam buku yang ada disini. Bukunya pun banyak yang baru,” ungkapnya.

Secara terpisah, Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., mengapresiasi Pos Sei Tengah yang berinovasi dalam memanfaatkan ruangan serbaguna Pos menjadi perpustakaan umum.

Menurutnya, dengan terbatasnya akses internet di perbatasan menjadikan anak-anak kurang memperoleh pengetahuan dan informasi perkembangan zaman, oleh karena itu Satgas Pamtas Yonif M 643/Wns berinovasi membuat perpustakaan umum melayani semua anggota lapisan masyarakat baik orang tua, remaja terutama anak-anak agar dapat menambah pengetahuan dan informasi.

“Perpustakaan ini berperan sebagai Google nya masyarakat perbatasan, yang berguna untuk mencari dan menambah ilmu,” ucap Dansatgas. (Tim).