Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si Kembali Dilantik Oleh Menag RI Menjadi Kepala Kanwil Kemenag Kalbar 

Senin, 12 Juli 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Mantan Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si kembali dilantik oleh Menteri Agama Republik Indonesia (Manag RI) Yaqut Cholil Qoumas kembali menjadi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalbar menggantikan Drs. H Ridwansyah, M.Si di Gedung Kementerian Agama Republik Indonesia, Selasa (6/7).

Turut dalam momentum pelantikan ini, Drs. H Ridwansyah, M.Si juga dilantik oleh Menag RI Yaqut Cholil Qoumas menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menggantikan Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si.

Putra Kapuas Hulu yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Kabupaten Kapuas Hulu, pada tahun 2014 lalu juga pernah dilantik oleh Menag RI Lukman Hakim Saifuddin sebagai Kepala Kanwil Kemenag Kalbar. Kamis (27/11/2014).

Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si. Pengalaman merupakan guru yang terbaik. Hal inilah kiranya yang dapat menggambarkan sosok yang memiliki nama lengkap Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si. Banyaknya pengalaman dalam dunia kerja membawanya kepada kedewasaan dalam bekerja.

Suami dari Hj. Nurmasdiah, S.Pd dan ayah dari Muhammad Fadhly Akbar serta Muhammad Furqanul Islam selalu memakai otak dan hati dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

Inilah yang membuatnya selalu yakin dan ber-positif thinking dalam menjalani setiap tahap roda kehidupan.

Ayah 2 anak yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi ini memulai jenjang pendidikannya di SDN I Nanga Bunut, lulus tahun 1977. Kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Islamiah Putussibau, lulus tahun 1980. Masih di daerah yang sama ia melanjutkan studinya di SMAN Putussibau dan lulus tahun 1984.

Pejabat yang pernah memperoleh penghargaan sebagai Terbaik I Laporan Penyelenggaraan Keuangan Kanwil Kemenag Se-Indonesia tahun 2016 ini melanjutkan ke jenjang perkuliahan Strata 1 di IAIN Syarif Hidayatullah Cabang Pontianak tahun, lulus tahun 1990.

Dengan semangat dan kemauan yang tinggi ia pun melanjutkan kuliahnya di Strata 2 Administrasi Pendidikan FKIP UNTAN, sehingga meraih predikat Magister Pendidikan tahun 2004.

Berbuat kebaikan untuk memperbaiki diri karena hidup hanya sementara. Maka manfaatkan waktu untuk selalu berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Begitulah motto hidup yang selalu diamalkan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalbar.

Hal ini pula yang mengasah kemampuan dan potensinya sehingga akhirnya dapat merasakan begitu banyak pengalaman dalam karirnya.

Tahun 1992-1998 ia menjadi Guru MAN 1 Pontianak. Tahun 1998-1999 menjadi Guru PAI SMU 5 Siantan. Kemudian menjabat sebagai Kepala Sekolah MTsN Putussibau tahun 1999-2002.

Berkat kesabaran dan ketekunannya dalam menghargai setiap pekerjaan, akhirnya ia dipercaya menjadi Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2007-2014. Selanjutnya pada tahun 2014 ia dipercaya menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang.

Amanah yang diemban semakin tinggi tatkala dirinya dipercaya menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat tahun 2014-2017, tahun 2017 ia pun diamanahi oleh Menteri Agama RI untuk menjadi Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak dan Tahun 2021, Kembali, diamanahi oleh Menteri Agama RI sebagai Kepala Kanwil Kemenah Kalbar. (L4Y).