Komandan Lantamal XII Membuka Pelatihan Babinpotmar Tahun 2021

Pontianak,BorneOneTV– Pada hari Kamis (15/07/21) tadi pagi di lapangan Apel Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No.1 Kota Kota Pontianak, Prov. Kalimantan Barat, telah dilaksanakan upacara pembukaan pelatihan Babinpotmar tahun 2021, bertindak selaku Inspektur upacara Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, sedangkan Komandan Upacara Mayor Marinir Abdul Salam.

Upacara pembukaan Latihan Dalam Dinas (LDD) Babinpotmar tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta Babinpotmar oleh Irup kepada salah satu perwakilan peserta.

Acuan terselenggaranya kegiatan yaitu undang – undang nomor 34 tahun 2004 tentang salah satu tugas TNI AL yakni melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (DAWILHANLA) yang dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan dan pembinaan potensi maritim.

Dalam amanatnya Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menyampaikan bahwa pelatihan Babinpotmar merupakan bagian dari progam peningkatan profesionalisme matra laut yang dilaksanakan setiap saat dan sepanjang tahun secara bertingkat dan berlanjut. Dan diharapkam dapat bersinergi dengan staf terkait stake holder dalam pembinaan dan pengembangan potensi maritim.

Komandan Lantamal XII Brigjend TNI Mar Andi Rukman juga berharap agar Babinpotmar Lantamal XII segera beradaptasi, bergiat dan mampu mewujudkan desa bahari yang mandiri, serta wisata bahari yang mampu meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan masyarakat pesisir binaannya.

Mengakhiri amanatnya, Beliau penekanan agar para peserta pelatihan Babinpotmar selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada tuhan YME, segera beradaptasi dengan lingkungan dimanapun ditempatkan atau ditugaskan, menghormati adat istiadat dan budaya masyarakat setempat, mengupayakan solusi dalam kesulitan masyarakat sekitar, melaksanakan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan unsur pemerintah maupun masyarakat setempat dan selalu mempedomani sapta marga, 8 wajib TNI, sumpah prajurit, trisila TNI AL serta buku saku Babinpotmar.

LDD yang dilaksanakan diharapkan dapat dijadikan bekal dan bermanfaat bagi para peserta Babinpotmar dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai ujung tombak TNI AL dalam hal pembinaan masyarakat khususnya di wilayah maritim maupun pesisir “tambah Beliau”

Kegiatan yang akan berlangsung selama 30 hari di Gedung Mahalayati tersebut sudah dimulai sejak tanggal 01 Juli dan akan berakir pada hari Jum’at tanggal 30 Juli 2021 namun baru di buka pada hari ini oleh Komandan Lantamal XII dikarenakan kesibukan Beliau dalam dinas lainya.

Turut hadir dalam kegiatan, Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP., M.Si., para Asisten, para Kadis, Kasatker dan seluruh peserta LDD Babinpotmar.

Dispen Lantamal XII Koarmada I.