Posmat Pemangkat Lantamal XII Pontianak Laksanakan SAR Tenggelamnya KM.Bersama IVa di Perairan Pemangkat

Pontianak,BorneOneTV- Posal Pemangkat Lantamal XII Pontianak bersama-sama Tim SAR Gabungan terdiri dari, TNI AL (Posal Pemangkat), Basarnas Sintete, Ditpolair Polda Kalbar dan Satpolair Sambas, melaksanakan SAR terhadap KM. Bersama IVa yang tenggelam di perairan Tanjung Bayung Pemangkat, saat berlayar dari perairan Natuna menuju pelabuhan Pemangkat untuk berlindung dari cuaca buruk.

Kecelakaan terjadi karena karena KM. Bersama IVa dihantam ombak setinggi kurang lebih 6 meter di perairan Tanjung Bayung Pemangkat.

Informasi Tenggelamnya KM. Bersama Iva, dari laporan pemilik kapal yaitu bapak Cin Chung atau Atong pada Selasa 13 Juli 2021 pukul 20.30 WIB.

Dari informasi tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan melaksanakan SAR gabungan bersama dengan menggunakan sarana, 1 unit speed boat, 1 unit Sea Reader, 1 unit speed boat, 1 unit PK dan 2 buah kapal nelayan. untuk melaksanakan pencarian dilokasi kejadian dan sekitarnya pada tanggal 14 Juli 2021 pukul 09.30 s.d. 11.00 Wib namun Tim SAR belum menemukan korban tenggelamnya KM. Bersama IVa. Karena Cuaca kurang mendukung, pencarian dihentikan sementara dan dilanjutkan pada esok harinya.

Pada hari Kamis tanggal 15 Juli 2021 pukul 17.00 WIB Tim SAR gabungan menerima laporan dari masyarakat bahwa telah ditemukan 2 korban meninggal dunia berjenis kelamin laki-laki di Perairan Paloh, selanjutnya Tim SAR gabungan dengan menggunakan jalur darat menuju lokasi untuk memastikan kedua korban tersebut adalah ABK KM. Bersama IVa.

Dari hasil pengecekan diketahui korban adalah Wasduri, umur 45 tahun dan Achmad Mukromin umur 28 tahun yang merupakan nahkoda dan Abk KM. Bersama IVa, selanjutnya Tim SAR gabungan membawa jenazah kedua korban ke Dinas Kesehatan Pemangkat untuk penanganan lebih lanjut.

KM. Bersama IVa dengan GT 30 No.692/Hhc, milik PT. UJPS Pemangkat merupakan kapal jenis kapal lampu, nahkoda Sdr. Wasduri ditemukan meninggal dunia, jumlah Abk 2 orang yaitu sdr. Achmad Muhromin ditemukan meninggal dan Sdr. Dedi Darmadi sudah ditemukan oleh Tim SAR gabungan dalam keadaan selamat.
Sebelumnya Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman juga telah memerintahkan kepada para Komandan Lanal, Danposal dan Danposmat untuk selalu siap 24 jam apabila dibutuhkan untuk melaksanakan SAR bila terjadi Laka laut di wilayahnya akibat cuaca extrim mengakibatkan gelombang laut tinggi di wilayah perairan Kalbar.

Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman juga meminta kepada Danlanal, Danposal dan Danposmat untuk memberikan sosialisasi kepada para pengguna laut agar berhati hati karena cuaca yang kurang menguntungkan yang terjadi pada saat ini.

Dispen Lantamal XII, Koarmada I.