LANTAMAL XII KEMBALI MENYERAHKAN 1 JENAZAH KORBAN KAPAL TENGGGELAM KEPADA KAKANSAR PONTIANAK TEMUAN KRI CLURIT 641

 

Pontianak,BorneOneTV- KRI Clurit 641 Salah satu unsur SAR gabungan dari TNI AL tiba di Dermaga Umum pelindo II Dwikora Pontianak pada hari selasa 20 juli 2021 pada pukul 20.45 WIB dengan membawa *1 Jenazah Korban* salah satu ABK kapal yang tenggelam beberapa hari lalu diperairan Kalbar. Kedatangan KRI Clurit 641 disambut langsung oleh Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman yang didampingi oleh Kakansar Pontianak bapak Yopi Haryadi, SH. MH.

Dalam Konferensi pers kepada para awak media yang di gelar di dermaga umum Pelindo II Dwikora Pontianak Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman mengatakan “korban ditemukan oleh KRI Clurit berdasarkan informasi pantauan udara oleh pesawat TNI AL CN235 MPA P-8305 dan informasi dari kapal ikan yang melintas, dimana pada posisi yang telah di sebutkan terdapat banyak tumpukan sampah yang diduga puing dari kapal yang mengalami musibah. KRI Clurit 641 langsung menuju lokasi dan ditemukan 1 jenazah terapung yang berada diantara puing-puing kapal tsb.

Jenazah korban temuan, oleh Komandan KRI Clurit 641 Letkol Laut (P) Rudi Iskandar langsung di evakuasi ke Pontianak untuk diserahkan ke Posko SAR Gabungan guna penanganan lebih lanjut ke RS. Polri Anton Soedjarwo Pontianak.

TNI AL akan memaksimalkan kembali pencarian dan pertolongan korban melalui udara dalam mendukung operasi SAR Gabungan yang digelar oleh Basarnas dalam hal ini kakansar pontianak.

“Dengan ditambahnya 3 hari pelaksanaan SAR sampai dengan hari Jum’at tanggal 23 Juli 2021 semoga tim SAR masih dapat menemukan lagi jenazah para Korban” tambah Komandan Lantamal XII.

Hingga hari ketujuh digelarnya Operasi Gabungan Pencarian dan Pertolongan yang digelar, dari 138 koban, 83 orang telah ditemukan selamat, 22 orang dalam keadaan meninggal dunia. Hingga kini, Tim SAR masih terus melakukan pencarian terhadap 33 lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro,S.Ap., M.Si, Para pejabat utama Lantamal XII, Dir Polair Polda Kalbar diwakili AKBP Irfan dan Kepala PSDKP Pontianak Erik Sostenes Tambunan, S.St.Pi., M.Si.

Dinas Penerangan Lantamal XII Koarmada I.