Imigrasi Sanggau Gelar Koordinasi di Wilayah Perbatasan

Imigrasi kelas II TPI Sanggau saat menggelar koordinasi di perbatasan yang menjadi wilayah kerja mereka.

Sanggau, BorneOneTv.com – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau melaksanakan koordinasi terkait pemeriksaan jalur darat di perbatasan yang menjadi wilayah kerja mereka.

Kasi Tikkim Kantor Imigrasi Kelas i TPI Sanggau, Candra mengatakan, bahwa sudah ada beberapa lokasi perbatasan yang dilakukan koordinasi tersebut, diantaranya di Jasa, Senaning dan Sungai Kelik yang merupakan perbatasan Sintang-Malaysia pada 15 Juni 2021 lalu.

“Koordinasi itu dalam rangka pengawasan perbatasan wilayah timur sepanjang Garis Batas di Kabupaten Sintang ke Pos Komando Utama Satgas Pamtas Yonif 144/Jaya Yudha di Senaning dan Pos Pamtas Yonif 144 / Jaya Yudha di Sungai Kelik dan meninjau perkembangan Percepatan Pembangunan PLBN Sungai Kelik,” ujarnya.

Lanjut Candra, pada 24 Juli 2021 lalu juga sudah dilakukan koordinasi pengawasan perbatasan ke Pos Komando Taktis (KoTis) di Badau Kapuas Hulu dan diterima langsung oleh Komandan Satgas Letkol Andri Suratman.

“Dalam kunjungannya Kanim Kelas II TPI Sanggau ini dipimpin langsung oleh Kasi Lalu lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Oddy Permana, Kasi Tikkim Candra, Kaur Kepegawaian Jovial Repani beserta beberapa staf,” terangnya.

Kunjungan tersebut lanjutnya, membahas berbagai hal berkenaan dengan situasi dan kondisi serta pengawasan perbatasan wilayah timur yang merupakan wilayah kerja mereka, seperti Jasa, Sei Kelik, Nanga Bayan, Semareh serta beberapa titik perbatasan lainnya.

“Beberapa hal yang dibahas antara lain  akses jalan, kerawanan, koordinasi antar instansi, permasalahan perlintasan manusia, sikon kependudukan dan jaringan komunikasi serta sarana prasarana di perbatasan,” jelasnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini kata Candra sinergitas antara TNI dan Imigrasi kedepannya semakin kuat dalam pengawasan perbatasan, terutama di wilayah kerja Kanim Kelas II TPI Sanggau di Kabupaten Sintang dalam hal ini di perbatasan Jasa, Sei Kelik, Nanga Bayan, Semareh dan titik-titik perlintasan lainnya yang tidak terjangkau oleh Kantor Imigrasi Sanggau sesuai dengan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Imigrasi yang telah ditetapkan untuk periode 2020-2024. (pul)