Gubernur Apresiasi Vaksinasi untuk Generasi Milenial

Senin, 26 Juli 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., didampingi Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., beserta Ny Hj. Erlina Norsan, S.H., M.H., dan Kepala Dinas Kesehatan Kalbar dr. Harisson, M.Kes., meninjau vaksinasi milenial yang diselenggarakan . Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kalbar di Cafe Tumbuh Jalan Mujahidin, Pontianak, Sabtu, (24/ 7/ 2021).

Gubernur Kalbar H Sutarmidji, S.H., M.Hum mengapresiasi kegiatan vaksinasi untuk generasi milenial, serta menghimbau untuk terus melaksanakan kegiatan serupa jika vaksin tersedia lagi agar bisa diikuti masyarakat sebanyak mungkin.

“Vaksinasi generasi milenial yang diinisiasi oleh AMPI Kalbar ini sangat bagus. Saya sangat mengapresiasi. Jika vaksin tersedia, silakan terus dilaksanakan. Kami ingin agar secepat  dan sebanyak mungkin masyarakat Kalbar yang divaksin. Anak muda yang suka nongkrong untuk segera divaksin. Tapi ingat, vaksin bukan berarti tidak akan terjangkit, maka harus tetap menjaga protokol kesehatan. Vaksin berfungsi untuk mencegah tidak terjadi hal yang fatal jika terpapar Covid-19,” jelas H Sutarmidji, S.H., M.Hum.

Saat ini, vaksinasi di wilayah Kalbar sudah mencapai 13%  dari rata-rata di seluruh Indonesia. Sementara, kebutuhan dan permintaan stok vaksin di Kalimantan Barat berjumlah 500.000 dosis terus diupayakan dan diharapkan pengirimannya dapat dipercepat oleh pemerintah pusat.

“Saya sudah berupaya agar vaksinasi dipercepat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini vaksin datang lagi. Kalbar dijanjikan akan mendapatkan 50.000 vial, tetapi yang datang baru  satu per lima dari yang dijanjikan (10.000 vial), ini tentu saja sangat kurang dan tidak cukup,” jelas H. Sutarmidji.

Sementara, Wagub Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H mengatakan kegiatan ini sangat positif apalagi untuk kaum milenial. Semakin banyak masyarakat yang divaksin maka diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 tersebut.

“Kegiatan ini sangat positif. Kaum milenial sudah memiliki kesadaran untuk mengikuti vaksin, karena angka kasus aktif Covid-19 semakin meningkat di Indonesia, maupun di wilayah Kalbar,” ujar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H.

H. Ria Norsan juga mengatakan vaksin berfungsi untuk membentuk imun dalam tubuh, sehingga kekebalan komunal atau disebut dengan herd immunity dapat terwujud. Jika  imun sudah terbentuk maka virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

“Imun kuat, virus tidak akan mudah masuk. Seandainya masyarakat Kalimantan Barat yang sudah divaksin sebanyak 95%, Insya Allah kita bisa hidup normal lagi, tetapi tetap dengan menjaga protokol kesehatan,” ungkap orang nomor dua di Kalimantan Barat.

Ketua AMPI Kalbar Arief Rinaldi, S.T., yang juga Anggota DPRD Prov. Kalbar didampingi Ketua Panitia, drg. Anggita Elprija Wulandari, mengatakan Vaksinasi yang diadakan ini tidak lain adalah untuk membantu Program Pemerintah dalam mempercepat capaian vaksinasi bagi masyarakat, dan saat ini disediakan untuk 300 orang/dosis.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online agar tidak terjadi kerumunan, kami mengadakan 4 sesi vaksinasi, yaitu dari jam 08.00 – 13.00 WIB dan hanya menyelenggarakan di hari ini saja.

“Hal ini disebabkan ketersediaan stok vaksin dari Dinas Kesehatan Kalimantan Barat masih terbatas,” ujar Arief Rinaldi, S.T.

Sebagai salah satu pendukung kegiatan hadir pula Ageng Novly Satriadi selaku Pemimpin Cabang BSI Siantan, mengajak para Milenial untuk bahu membahu mensukseskan program vaksinasi ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini guna mendukung pemerintah mempercepat pengembalian stabilitas ekonomi nasional, semoga indonesia khususnya Kalbar cepat kembali normal seperti sedia kala,” tutupnya. (L4Y).