22 Bulan Jabat Kapolres, AKBP Yani Permana Pamitan Kepada Tokoh Adat di Kubu Raya

Minggu, 1 Agustus 2021

Kubu Raya, BorneOneTV.com- 22 bulan, AKBP Yani Permana menapaki karier sebagai Kapolres Kubu Raya, dan dalam kurun waktu menjalankan tugas sebagai Orang pertama di Polres Kubu Raya membuat Pamen Polri ini berpamitan kepada 22 Etnis di Kabupaten Kubu Raya yang tergabung dalam Paguyuban Merah Putih, Pamen Polri ini akan memulai menjabat jabatan baru sebagai Kapolres Ketapang.

Sesuai Surat Telegram Kapolri, AKBP Yani Permana dimutasi dari jabatan Kapolres Kubu Raya menjadi Kapolres Ketapang menggantikan AKBP Wuryantono.

Mutasi tersebut tertuang dalam lima Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor 1506, 1507, 1508, 1509, dan 1510 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono tertanggal 26 Juli 2021.

AKBP Yani Permana menyampaikan mohon diri karena akan menjalankan tugas di daerah yang baru sebagai Kapolres Ketapang.

“Saya sudah 22 bulan menjalankan tugas di Wilayah Kabupaten Kubu Raya. Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak-Ibu tokoh Adat dan seluruh masyarakat Kubu Raya yang telah bersama-sama kami di Kubu Raya Ini,” ucap AKBP Yani Permana dengan nada sedih kepada seluruh Ketua Adat yang berjumlah 22 etnis di Kabupaten Kubu Raya di Balroom Hotel Gardenia Sungai Raya, Kamis, (26/7).

Hal itu tentu saja membuat suasana di ruangan menjadi hening dan sebagian tokoh adat merasa kaget dengan ucapan pamit dari orang Nomor 1 di Polres Kubu Raya ini.

Ketua Komunitas Melayu Berbudaya (KMB), Syafarudin mengatakan kaget dan merasa kehilangan sosok Kapolres yang sangat mengayomi dan dekat dengan masyarakatnya.

“Saya terus terang kaget, karena hari ini kami mengundang Pak Kapolres untuk menghadiri Pelantikan Pengurus PMP sebagai organisasi lintas Etnis dan Budaya di Kabupaten Kubu Raya, karena Pak Kapolres adalah Pembina kami,” ucap Syafaruddin dengan nada Sedih.

Syafaruddin mengatakan selama menjabat Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana diakuinya sangat dekat hubungannya dengan masyarakatnya, jika ada hal-hal yang diperlukan tengah malam pun ketika di hubungi diterima dengan sangat baik.

Plt Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Kubu Raya, Nurmasita juga mengatakan kedekatan dan kebaikan AKBP Yani Permana sangat dirasakan oleh masyarakat Kubu Raya.

Sebagai Kapolres Kubu Raya Pertama yang ditunjuk Kapolri sangat berkesan bagi dirinya dan masyarakat KKSS.

“Padahal belum lama beliau rasanya di Kubu Raya, ternyata sudah 22 bulan bersama kami, tetapi karena tugas maka kami harus rela melepaskan beliau, semoga AKBP Yani Permana selalu sukses di tempat kerja yang barunya,” ujar Nurmasita.

Sementara, Ketua DPD Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya, Edi Suhairul mengaku sangat kehilangan sosok yang mengayomi dan membina, karena Edi mengakui PMP ini ada salah satunya karena support dari Sosok AKBP Yani Permana.

“Beliau yang mendorong terbentuknya PMP di Kubu Raya persis bersamaan dengan definitifnya Polres Kubu Raya, Semangat Merah Putih ditularkan bersama adanya Polres di Kabupaten Kubu Raya ini,” kata Edi Suhairul.

Edi mengatakan dengan pesan pamit Kapolres Kubu Raya ini disaat pelantikan pengurusnya tentu membuat terharu semua pengurus yang merupakan ketua-ketua Organisasi Adat dan Budaya di Kabupaten Kubu Raya.

Keharuan tersebut tampak ketika Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana akan meninggalkan ruangan, hamper semua pengurus dan Ketua Organisasi Adat yang kemudian mengabadikan momentum itu dengan foto bersama dan foto selfie.

“Pak Kapolres jangan lupakan kami, Pak Yani tetap menjadi bagian dari kami walaupun sudah berpindah tugas, semangat dan menjadikan Kubu Raya Bersinar menjadi kenangan terindah kami,” pungkas Edi. (L4Y).