Vaksinasi Dosis Kedua Lantamal XII Pontianak Dalam Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim Membludak

Selasa, 3 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Maritim pada dosis kedua yang dilaksanakan oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak bersama Pemkot Pontianak dan TNI/Polri membludak di Waterfront City Pontianak, Selasa (3/8).

Serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang dilaksanakan oleh Lantamal XII Pontianak dalam rangka membantu program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 sekaligus melaksanakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Dengan menyediakan dua jenis vaksin yaitu 92 Vial Sinovak dan Astrazeneka 5 vial masing masing untuk dosis ke 2, melibatkan tenaga kesehatan dari beberapa satuan dan instansi seperti dari Diskes Lantamal XII 2 tim (12 orang), Kesdam XII Tanjungpura 1 tim (6 orang), Lanud Supadio 1 tim (6 orang), Dinkes Prov. Kalbar 1 tim (6 orang), KKP 1 tim (6 orang), Puskesmas Perum 1, 1 tim (6 orang), Puskesmas Perum Dua 1 tim (6 orang), Puskesmas Pal Lima 1 tim (6 orang) dan Puskesmas Paritmayor 1 tim (6 orang)

Danlantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman mengatakan bahwa Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Maritim yang dilaksanakan oleh Lantamal XII ini adalah suntikan dosis kedua, dimana sebelumnya tanggal 6 dan 7 Juli lalu, dilaksanakan untuk suntikan dosis pertama.

“Tahap pertama lalu ada 1.660 masyarakat yang terima vaksin. Kita harapkan, yang hari ini kita prioritaskan untuk mereka terima suntikan dosis kedua. Tapi pesertanya membludak bukan saja dari yang kemarin kita laksanakan disini tapi yang diluar Senghie untuk dosis kedua,” kata Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman saat meninjau Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Dosis Kedua bersama unsur Forkopimda Provinsi Kalbar, Pemkot Pontianak, Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, DR. Firdaus Zar’in, S.Pd., Msi., Kepala Kantor Cabang BRI Barito, Ketua Korcab XII beserta Pengurus Daerah Jala Senastri 1 dan pejabat utama Lantamal XII.

Dikatakannya,serbuan vaksinasi TNI AL ini adalah pelaksanaan tahap kedua bagi masyarakat yang belum menerima vaksin dosis ke dua. Kegiatan serbuan vaksinasi TNI AL ini dilaksanakan dalam rangka kepedulian Lantamal XII membantu perintah daerah maupun pusat untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Saat ini, masih kata Kata PATI TNI AL Marinir, masyarakat sudah sadar akan vaksin, dan Lantamal XII juga akan melaksanakan Vaksinasi dosis kedua sampai besok atau tanggal 3 dan 4 Agustus namun masyarakat membludak untuk di Vaksinasi.

“Kami berharap, Lantamal XII Pontianak akan terus melakukan serbuan vaksinasi kepada seluruh masyarakat di Kalbar, khusus masyarakat yang ada di Kota Pontianak,” harapnya.

Danlantamal XII juga menyampaikan bahwa serbuan vaksin untuk masyarakat maritim yang dilakukan di Wilayah kerja Lantamal XII Pontianak merupakan implementasi arahan dari pimpinan TNI AL, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada seluruh jajaran dalam menyukseskan program pemerintah, guna mencegah penyebaran virus corona, meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat Indonesia, dengan melaksanakan serbuan vaksin Covid-19 sesuai dengan target pemerintah 1 Juta vaksin perhari.

Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman juga memerintahkan seluruh personel untuk menyuseskan kegiatan vaksinasi masyarakat maritime di pelabuhan Seng Hei dengan target vaksin  sebanyak seribu lebih dosis pada hari pertama dan 1600 lebih pada hari ke dua.

Pada pelaksanaan Vaksinasi hari pertama ini vaksin yang sudah disuntikkan kepada masyarakat sebanyak 1100 vaksin. Peserta yang ikut vaksinasi pada kegiatan hari ini  merupakan peserta dosis ke 2 yang berasal dari Kota Pontianak, kubu raya, msyarakat yg telah mendapatkan dosis pertama di tempat lain dan masyarakat dari luar seperti dari Kab. Mempawah dan bahkan yang berasal dari provinsi Makasar.

Agar tetap berjalan tertib aman dan lancar, tetap menerapkan protokol kesehatan 5M guna pencegahan penyebaran covid- 19 selama dalam pelaksanaan. (L4Y).