Saat Kunjungi Atlet PON Latihan, Gubernur Kalbar Minta Desain Ulang GOR Sesuai Fungsinya

Kamis, 5 Agustus 2021

Pontianak, borneOneTV.com- Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, didampingi Ketua Umum KONI Kalbar, Fachrudin D. Siregar, dan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si mengunjungi Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Kalimantan Barat sekaligus meninjau persiapan para atlet menatap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Provinsi Papua tanggal 15 Oktober 2021 di Kantor KONI Kalbar, Jl. M.T. Haryono, Pontianak, Rabu (4/8).

Gubernur Kalbar H Sutarmidji, S.H., M.Hum meminta jajarannya untuk menata ulang kawasan Gedung Olahraga (GOR) Pangsuma Pontianak karena dianggap banyak yang tidak berkaitan dengan dunia olahraga.

“Kawasan GOR Pangsuma harus didesain ulang, banyak bangunan yang tidak ada kaitan dengan olahraga. GOR Pangsuma baru dilakukan perbaikan 2 tahun yang lalu, tetapi sudah banyak yang rusak,” ujar H Sutarmidji, S.H., M.Hum.

Dikatakannya, Pemprov Kalbar akan mengkaji jika penggunaan gedung bisa multifungsi. Artinya, dapat digunakan untuk lebih dari satu cabang olahraga. Seperti angkat berat, angkat besi, dan tarung derajat bisa menggunakan satu gedung.

“Kawasan GOR harus didesain ulang,” pintanya.

Mantan Wali Kota Pontianak juga berharap para atlet atau cabang olahraga yang mengikuti PON XX di Papua dapat mengharumkan nama Kalbar, serta dapat berusaha semaksimal mungkin dalam setiap pertandingan.

“Walaupun cabang olahraga yang lolos PON terbatas, saya berharap cabang olahraga yang diikuti atlet asal Kalbar bisa mendapatkan prestasi, serta harus memaksimalkan perolehan medali dari cabang olah raga andalan Kalbar, seperti angkat berat, angkat besi, anggar, dan lain-lain,” harapnya.

Sementara, Ketua KONI Kalbar Fachrudin D. Siregar menyambut baik kunjungan Gubernur Kalbar demi menambah semangat para atlet yang akan bertanding nanti.

“Saya harap, para atlet dapat berlatih lebih giat, sehingga capaian yang kita harapkan bisa tercapai dan berusaha untuk mendapatkan medali di PON nanti. Kita akan berupaya di semua cabang olahraga,” ucap Fachrudin D. Siregar.

Disampaikan juga, minimal 2 minggu menjelang PON, para atlet, pelatih, maupun asisten pelatih tidak boleh keluar dari asrama.

“Mulai sekarang, mereka tidak boleh pulang ke rumah. Sudah di karantina di mess atau di hotel,” ungkap Fachrudin.

Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si menyampaikan akan menindaklanjuti arahan Gubernur Kalbar untuk mendesain ulang pemanfataan lahan yang ada di kawasan GOR Pangsuma.

“Disporapar Kalbar bersama KONI akan melaksanakan arahan Gubernur, yaitu pemanfaatan lahan menjadi gedung olahraga sesuai fungsinya untuk rakyat Kalbar,” kata Windy Prihastari, S.STP., M.Si. (L4Y).