AKBP Jerrold Kenalkan Diri Sebagai Kapolres Kubu Raya, dan AKBP Yani Pamit Menuju Polres Ketapang 

Jumat, 6 Agustus 2021

Kubu Raya, BorneOneTV.com- AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K menapakan kaki di Halaman Mapolres Kubu Raya untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kubu Raya kepada Forkompimda Kabupaten Kubu Raya dan Jajaran Polres Kubu Raya, sementara AKBP Yani Permana, S.I.K, MH berpamitan kepada Forkompimda Kabupaten Kubu Raya dan jajaran untuk melanjutkan tugas baru sebagai Kapolres Ketapang, Rabu (04/08).

Inilah rangkaian kenal Pamit Kapolres Kubu Raya dan penyerahan tugas dan tanggung jawab AKBP AKBP Yani Permana, S.I.K, MH kepada AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K di Aula Mapolres Kubu Raya.

AKBP Yani Permana, S.I.K, MH yang telah menjalankan tugas sebagai Kapolres Kubu Raya Pertama selama 22 bulan, dan menyerahkan tugas dan tanggung jawab ini kepada AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K sebagai Kapolres Kubu Raya.

Penyerahan tugas dan Tanggung jawab Kapolres Kubu Raya ini dilaksanakan dengan sangat sederhana dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro sehingga semua pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan penerapan Protokol kesehatan Ketat.

“Acara penyerahan tugas dan tanggung jawab Kapolres Kubu Raya ini dilaksanakan tanpa ada acara khusus, hanya dilaksanakan internal dan sangat sederhana tetapi dengan penerapan prokes ketat,” kata Paur Subbag Humas Polres Kubu Raya, Aiptu Dodik Yulianto.

Dikatakannya, rangkaian acara kenal Pamit Kapolres Kubu Raya dan penyerahan tugas dan tanggung jawab diawali dengan pengalungan bunga dan penyerahan buket bunga, laporan Kabag Sumda Polres Kubu Raya dan dilanjutkan dengan Jajar Kehormatan (Jarmat) dan tradisi tepung tawar.

Aiptu Dodik Yulianto menjelaskan dalam kegiatan Jajar Hormat (Jarmat) di hadiri oleh 30 personil antara lain, Kabag Sumda Polres Kubu Raya, PJU Polres Kubu Raya, Kapolsek Jajaran Polres Kubu Raya, Kanit Polres Jajaran Polres dan Polsek.

AKBP Yani Permana memperkenalkan Pejabat Utama (PJU) dan Polsek jajaran dan meminta semua jajaran membantu kegiatan sehari-hari Kapolres yang baru.

“Di hadapan Kapolres yang baru ini saya akan memperkenalkan para PJU dan Kapolsek jajaran Polres Kubu Raya, yang mana para PJU ini nantinya akan membantu kegiatan sehari hari kapolres yang baru,” ungkap AKBP Yani Permana.

Secara Umum, AKBP Yani Permana menyampaikan Atensi terhadap lahan gambut di Kab Kubu Raya seluas 471.187 Ha, dan bahaya Karhutla di Kalbar Kab Kubu Raya 70% lahan gambut dengan kedalaman 25 M apabila terbakar akan sulit dipadamkan.

AKBP Yani Permana juga menyampaikan Polres Kubu Raya terdiri dari 10 Polsek, Luas Wilayah 6.985,24 Km2, letak 013,40,83 sampai dengan 1.00’53,09 LS DAN 109,02’19,32 BT, berbatasan dengan Wilayah Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kubupaten Landak, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sanggau.

Selain itu, Kabupaten Kubu Raya juga memiliki sejumlah pulau yakni sebanyak 39 Pulau, 19 Pulau Belum berpenghuni , 20 Pulau berpenghuni.

“Polres Kubu Raya diresmikan pada tanggal 19 November 2019 lalu Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono, yang dalam pelaksanaan opersionalnya melayani warga masyarakat Kabupaten Kubu Raya, pengoprasionalisasian Polres dan sementara ini menumpang di Eks Gedung Pramuka di jalan Arteri Supadio ini,” ungkapnya.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, S.I.K mengharapkan semua Pejabat Utama (PJU) dan Polsek jajaran untuk membantu kegiatan yang telah dilakukan selama ini dan dilanjutkan dimasa kepemimpinannya.

“Saya berharap PJU dan Seluruh Kapolsek semangatnya dari yang sebelumnya sudah ada zaman AKBP Yani Permana agar selalu di tingkatkan dibawah kepemimpinan saya, dibawah kepemimpinan saya ini, saya akan gunakan prinsip Bersinar, Menanjak, Bekerja, dan Amanah meneruskan prinsip AKBP Yani Permana S.I.K. Mari bersama-sama kita mendoakan AKBP Yani Permana S.I.K agar lancar karirnya,” ujar AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy.

Kegiatan diakhiri dengan Upacara Farewell Parade dan tradisi pengantaran pejabat lama di lapangan apel Polres Kubu Raya. (L4Y).