Konsumsi Ikan Masyarakat Sanggau Berada di Bawah Target Nasional

Sanggau, BorneOneTv.com – Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau mencatat, bahwa konsumsi ikan masyarakat Bumi Senentang baru sekitar 36 kilogram perorang pertahun.

Hal tersebut berarti mengambarkan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Sanggau masih berada di bawah target nasional.

“Target nasional 59 kilogram perorang pertahun, kita (Sanggau) baru sekitar 63 persen,” ungkap Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Kubin, Rabu (11/8/2021).

Pasokan ikan tersebut, dijelaskannya, sebagian didatangkan pedagang dari luar daerah, sebagian lagi dipenuhi dari lokal. Khusus ikan air tawar, menurut Kubin, ada yang dipasok dari sejumlah kecamatan yang memiliki keramba, seperti wilayah Tayan.

“Ikan laut didatangkan dari luar daerah oleh pedagang kita. Soal harganya memang lebih murah karena proses tangkapnya lebih efisien,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, pihaknya memperkuat pusat pembibitan ikan di Sejuah, Kecamatan Noyan. Selain itu, dinas yang dipimpinnya juga akan menyurati Kementerian Kelautan dan Perikanan agar Dana Alokasi Khusus (DAK) diarahkan untuk mendukung pembudidayaan ikan air tawar melalui keramba apung di Kabupaten Sanggau.

“Memang Sanggau tidak punya laut, tapi kami coba surati Kementerian agar DAK tahun depan bisa diarahkan kesini untuk keramba apung,” pungkasnya. (pul)