Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I-2021 “AURORA” Etape I bergabung Dengan KRI SPICA 934 Di Sorong

Jakarta, borneonetv.com – Tim Peneliti Ekspedisi Jala Citra I-2021 “Aurora” Etape I Peneliti bergabung dengan KRI Spica 934 pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021 pukul 12.30 WIT di dermaga Lantamal XIV Sorong.

Sebelum naik ke atas kapal, sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, para peneliti melaksanakan test Swab Antigen untuk memastikan semua personel yang tergabung dalam ekspedisi dalam keadaan sehat dan terbebas dari virus Corona. Hal ini bertujuan agar kegiatan penelitian dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang optimal.

Tim peneliti yang terdiri dari 7 Peneliti dari Kementerian Lembaga (P2O LIPI, P3GL KEM-ESDM, ITB, UGM, Universitas Papua, PT. Hidronav Teknikatama) di KRI Spica yang akan menuju daerah operasi ekspedisi yaitu Laut Halmahera untuk melaksanakan penelitian di Laut Halmahera dan sekitarnya etape I dari tanggal 13 sampai dengan 23 Agustus 2021.

Sebelum keberangkatan , Tim peneliti telah menyiapkan materi rencana survei dan penelitian untuk pelaksanaan survei di area ekspedisi serta melaksanakan pengenalan kondisi kapal, dan menerima penjelasan safety briefing oleh perwira KRI Spica 934.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan diskusi teknis rencana kegiatan survei dan penelitian hidrografi, batimetri, oseanografi serta geofisika terkait area yang memungkinkan untuk mendukung kegiatan ekspedisi penelitian AURORA di wilayah Halmahera tersebut untuk mendukung kegiatan ekspedisi, personel peneliti Pushidrosal juga mendirikan stasiun pengamatan meteorologi dan pasang surut di wilayah Pelabuhan Sorong. [Adang]