Gubernur Kalbar Launching Aplikasi E-SOHIB 

Kamis, 12 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum melaunching Aplikasi Sistem Online Hibah dan Bansos (E-SOHIB) dan Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 151 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bansos yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalbar di Data Analytic Room (DAR) Gubernur Kalbar,  Kamis, (12/ 8).

“Pemprov Kalbar menyambut baik dan memberikan apresiasi atas di launching-nya Aplikasi SOHIB ini untuk menata transparansi, Akuntabel dalam pengelolaan Hibah dan Bansos,” ucap H Sutarmidji, SH, M.Hum, sesaat sebelum Launching Aplikasi SOHIB dan Sosialisasi Pergub No 151/2021 Tentang Pemberian Hibah dan Bansos yang bersumber dari APBD Kalbar, di DAR, Kantor Gubernur Kalbar.

Selama ini, masih kata orang nomor satu di Pemprov Kalbar, dana hiban dan Bansos sering menjadi temuan-temuan dari BPK maupun para aparat penegak hukum.

“Saya harap, hadirnya E-SOHIB ini dari sisi administrasi dan pertanggungjawaban akan semakin baik. Jangan sampai ada pemain antara pengelola dan penerima,” harapnya.

Dikatakannya, Kalau hibah, dirinya sangat yakin akan lebih enak, karena pertanggungjawaban ada pada penerima hibah. Kalau Bansos pertanggungjawaban ada pada yang menyetujui Bansos.

Mantan Wali Kota Pontianak mengatakan, selama ini, di beberapa daerah masih terjadi temuan-temuan masalah hukum yang terjadi gratifikasi penerimaan bansos atau hibah kepada pengelola.

“Ini yang tidak boleh, kedepannya saya harap tidak terjadi hal seperti ini. Semua keuangan sudah kita lakukan non tunai. Jangan sampai ada lagi pengelolaan keuangan Pemerintah daerah dengan tunai, “ingatnya. (L4Y).