Peduli Sesama Lantamal XII Melaksanakan Aksi Donor Darah Plasma Konvalescent Dalam Rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 76 

Kamis, 12 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII di bawa Komando Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman, yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal XII Letkol Laut (K) dr. Heru Subagyo, Sp.Pros mengelar kegiatan “TNI AL PEDULI” dengan melaksanakan Serbuan Donor Plasma Konvalescent dan Donor Darah  terhadap Masyarakat Maritim yang ada di Kota Pontianak, Kamis, (12/ 8).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak Kotama TNI AL di seluruh Indonesia, yang merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam rangka menyongsong HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, dimana tahun ini mengambil tema  “INDONESIA TANGGUH  – INDONESIA TUMBUH”

Dalam kesempatan ini Kasal, melakukan Video Convefence (Vicon) ke beberapa jajaran baik Lantamal maupun Lanal, guna melihat langsung pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di seluruh Kotama Jajaran TNI AL, dimana Kasal didampingi Ketua Umum PMI Pusat M. Jusuf Kalla.

Sehubungan dengan kegiatan ini, Ketua PMI Pusat menyatakan ucakan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan TNI AL, hal ini karena Darah merupakan hal yang sangat vital bagi tubuh manusia, dan Darah tidak dapat tergantikan dengan yang lain, kalau patah tulang bisa diganti dengan bahan metal, sedangkan darah harus digantikan dengan darah yang hanya ada ditubuh manusia, “Demikian Ungkap Ketua PMI”.

Yang menjadi istimewa dalam kegiatan ini yaitu adanya Donor Darah Plasma Konvalesent atau istilah umum dalam masyarakat saat ini yaitu Donor Plasma.  Harapan kesembuhan dengan menggunakan Transfusi plasma Konvalesen jadi salah satu terapi tambahan untuk mengobati COVID-19 khususnya bagi pasien bergejala berat dan kritis.

Hal ini kemudian pemerintah menggaungkan Gerakan Donor Plasma Konvalesen sebagai upaya penyembuhan pasien COVID-19. Konvalesen ini dilakukan dengan memberikan plasma, yaitu bagian dari darah yang mengandung antibodi penyintas COVID-19 dan hanya boleh digunakan untuk kodisi kedaruratan, sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien COVID-19.

Diperkirakan target dapat mencapai 150 kantong darah namun Lantamal XII dalam kegiatan Donor Darah ini hanya dapat mengumpulkan kurang lebih 100 Kantong Darah, sedangkan Donor Konvalesent belum dapat terlaksana, hal ini karena peralatan pendukung untuk melaksanakan Donor Plasma yaitu “KIT PARTISI” belum tersedia.

Dibutuhkan kerja sama dan rasa solidaritas yang tinggi masyarakat maupun Prajurit TNI/Polri untuk berpartisipasi dalam gerakan donor ini, dimana terlihat adanya Pendonor Prajurit Lanud Supadio, dan Satpolairud Polda Kalimantan Barat serta  Prajurit  Yonkav 12/BC, Kalimantan Barat., tak ketinggalan juga  ibu – ibu Jalasenastri yang dimotori oleh Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I Lantamal XII.

# Darah Untuk Kehidupan.

# Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

# Kstaria Jala Khatulistiwa. (L4Y).