Peringati HUT RI Ke-76 Lantamal XII Pontianak Gelar Donor Darah Serentak

Pontianak,BorneOneTV- Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontinanak menggelar kegiatan Donor Darah secara serentak di 3 (tiga) titik yang berbeda, yaitu di Mako Lantamal XII Pontianak, Mako Yonmarhanlan XII Secapah Mempawah dan di Lanal Ketapang, Kamis (12/8/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh komandan Lantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal XII Letkol Laut (K) dr. Heru Subagyo, Sp.Pros.

Kegiatan donor darah yang laksanakan secara serentak oleh Kotama TNI AL di seluruh Indonesia merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam rangka menyongsong peringatan HUT RI ke-76, dimana tahun ini mengambil tema “INDONESIA TANGGUH – INDONESIA TUMBUH”.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Ketua Umum PMI Pusat M.Jusuf Kalla memantau lansung pelaksanaan kegiatan donor darah secara serentak melalui Video Convefence (Vicon) dengan beberapa jajaran baik Lantamal maupun Lanal di seluruh Kotama Jajaran TNI AL.

Dalam Viconnya,Ketua PMI Pusat M.Jusuf Kalla menyatakan ucakan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan TNI AL, hal ini karena Darah merupakan hal yang sangat vital bagi tubuh manusia. “Darah tidak dapat tergantikan dengan yang lain, kalau patah tulang bisa diganti dengan bahan metal, sedangkan darah harus digantikan dengan darah yang hanya ada ditubuh manusia,“ungkap Ketua PMI.

Komandan Lantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman mengatakan, donor darah serentak dilaksanakan dalam rangka merayakan HUT RI ke-76.

“Adapun untuk target pelaksanaannya yaitu, untuk kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Mako Lantamal XII Pontianak sebanyak 150 kantong darah, di Mako Yonmarhanlan XII Secapah Mempawah sebanyak 50 kantong darah dan di Lanal Ketapang sebanyak 30 kantong darah.

“Kegiatan donor darah akan dilakukan selama satu hari, namun jika targetnya belum tercapai bisa dilanjutkan kembali,”ucap Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman.

(Dodi).