Kasdam XII/Tpr Dilantik Jadi Deputi Bidkor Poldagri Kemenko Polhukam

Senin, 16 Agustus 2021

Kubu Raya, BorneOneTV.com- Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XII/Tanjungpura (Tpr) Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos dilantik oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD menjadi Deputi Bid. Koordinasi Politik Dalam Negeri (Bidkor Poldagri)

Kemenko Polhukam untuk menggantikan Mayjen TNI (Purn) Purnomo Sidi yang telah purna tugas, Jumat, (14/8).

“Atas nama pemerintah serta atas nama pribadi dan keluarga, saya menyampaikan selamat kepada Brigjen TNI Djaka Budhi Utama beserta istri atas kepercayaan dan amanah ini,” ucap Mahfud MD, pada Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

Dirinya juga percaya, dengan bekal pendidikan dan pengalaman serta pemahaman atas berbagai permasalahan di berbagai bidang penugasan, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama akan mampu melaksanakan tugas yang diemban dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dengan pelantikan ini, maka Pangkat Brigjen TNI Djaka Budhi Utama akan mendapatkan promosi kenaikan pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) TNI.

Brigjen TNI Djaka Budhi Utama merupakan PATI TNI AD lulusa Akmil Tahun 1990 dari kecabangan Infanteri Kopassus dan beberapa jabatan yang pernah diemban sejak dilantik jadi PAMA TNI AD dengan Pangkat Letnan Dua (Letda) oleh Presiden diantaranya, Danyonif 115/Macan Lauser (2004-2007), Komandan Kodim 0908/Bontang, Komandan Korem 012/Teuku Umar (2016-2017), Komandan Pusintelad[2] (2017-2018), Waaspam Kasad (2018-2020), Kasdam XII/Tanjungpura (2020-2021) dan Deputi bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam (2021-Sekarang).

Sementara, Jabatan Kasdam XII/Tpr yang ditinggalkan Brigjen TNI Djaka Budhi Utama akan diisi oleh Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M yang saat ini sedang menjabat  Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers.

Sebelum menjabat Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M juga dipercaya untuk menjabat Paban III/Binsiapsat Sopsad saat masih menyandang pangkat Kolonel Infanteri.

Selepas menjabat Paban III/Binsiapsat Sopsad, lalu dipercayakan menjabat Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers dan jabatan ini, lalu Panglima TNI menaikan Pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari Pangkat sebelumnya menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2328/X/2020 tanggal 19 Oktober 2020. (L4Y).