banner 120x600

Danlantamal XII Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan

banner 120x600

Selasa, 17 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman bersama Forkopimda Kalbar menghadiri Apel Kehormatan Renungan Suci dalam rangka memperingati HUT ke – 76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Pemprov Kalbar di Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya, Selasa  (17/8), Pukul 00.00.

Apel Kehormatan Renungan Suci dalam rangka memperingati HUT ke – 76 Kemerdekaan ini dengan Inspektur Upacara Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si dan diikuti 60 orang perwakilan prajurit TNI-Polri, yang ada di Prov. Kalbar, diantaranya dari Kodam XII/Tpr, Lantamal XII Pontianak, Pangkalan Udara (Lanud) Supadio, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemrov Kalbar, ASN Kota Pontianak dan Kubu Raya, serta Organisasi Kepemudaan Kalimantan Barat.

Apel Kehormatan Renungan Suci ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur mengorbankan jiwa dan raga dalam merebut Kemerdekaan RI dari penjajah serta menjaga Kedaulatan NKRI.

Dharapkan melaui kegiatan ini, para generasi muda dapat mencontoh dan meneladani serta mewarisi semangat para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga tanpa pamrih serta sifat pantang menyerah berjuang demi kepentingan bangsa dan Negara.

Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, sebagai awal acara Apel Kehormatan Renungan Suci ini, kemudian Penghormatan kepada arwah Pahlawan dipimpin oleh Komandan upacara, selanjutnya pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci,  yakni “Apel Kehormatan dan Renungan Suci kami yang hadir pada hari ini Selasa tanggal 17 Agustus 2021 di pukul 00.00 WIB, pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para Pahlawan angkatan bersenjata 162 orang, pegawai sipil 6 orang, Pahlawan Dwikora 60 orang, pejuang rakyat 13 orang, Pahlawan tak dikenal 1 orang, hansip wanita 7 orang, dan menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami, pulang dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat tempat yang sewajarnya.”

Selesai pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, penyalaan obor secara simbolis, dan pembacaan doa sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan sebelum mengakhiri Upacara AKRS ini dilaksanakan penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan, ditutup dengan Laporan kepada inspektur upacara.

Hadir dalam Apel Kehormatan Renungan Suci tersebut antara lain; Wagub Kalbar Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H, Pangdam XII/Tpr diwakili Aspers Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Machfud Supriadi, Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Kajati Prov. Kalbar diwakili Wakajati Kalbar Juniman Hutagaol, S.H., M.H,  Dandim 1207/Pontianak Kolonel Inf Jajang Kurniawan S.I.P., M.M.,  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak diwakili Dr. H. Yusuf Buchori, S.H., M.Si, dan  Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat, Golda M. Purba, S.P., S.H., M.H. (L4Y).

%d blogger menyukai ini: