Rangkul Puskesmas Paljaya, Kolinlamil TNI AL Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Maritim Di Muara Tawar

Jakarta, borneonetv.com – Satya Wira Jala Dharma. Menindaklanjuti apa yang sudah menjadi ketetapan nasional dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayah pesisir, TNI AL khususnya Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) berkolaborasi dengan Puskesmas Paljaya, Muara Tawar kembali menggelar serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim TNI AL di TPI Paljaya, Muara Tawar, Kabupaten Bekasi, Kamis (19/8).

Dalam upaya untuk menyukseskan program vaksinasi nasional tersebut, Kolinlamil menerjunkan tim kesehatan sebagai vaksinator di bawah pimpinan Kadiskes Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Rahardja bersama 30 vaksinator dari Diskes Kolinlamil, Yonkes 1 Marinir dan Puskesmas Paljaya.

Bagi masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi harus melewati beberapa tahap sebelum menerima vaksin, diantaranya melakukan registrasi, pengukuran suhu tubuh, tensi darah serta pendataan riwayat kesehatan (Screening), bila seluruh rangkaian urutan vaksinasi sudah memenuhi syarat, maka vaksin dapat langsung diberikan.

Animo masyarakat terhadap kegiatan serbuan vaksinasi cukup tinggi, bahkan sempat terjadi kerumunan antrean. Tingginya minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi yang diprakarsai oleh Kolinlamil TNI AL ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang datang dihari itu.

Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma menyampaikan bahwa Kolinlamil akan terus bekerja sama dan bersinergi dengan Dinas Kesehatan didaerah yang belum terjangkau vaksin untuk memberikan pelayanan baik tenaga maupun material bagi warga masyarakat dalam penyaluran vaksinasi sehingga tercapai Herd Immunity.

Sedangkan Kepala Puskesmas Paljaya dr. James Manik yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan kebanggaannya dengan kolaborasi dengan Kolinlamil ini dalam melaksanakan kegiatan serbuan vaksin maritim TNI AL yang menyasar terus warga pesisir Tarumajaya khususnya dan umumnya Kecamatan Tarumajaya sehingga dapat mempercepat penanganan vaksinasi diwilayahnya sesuai dengan target.

“Puji syukur dengan kolaborasi Kolinlamil TNI AL dan Puskesmas Paljaya, sehingga banyak warga yang sudah divaksin untuk dosis kedua maupun yang baru akan divaksin dosis pertama. Prinsipnya kolaborasi ini mempercepat penanganan penanggulangan covid 19” tandas dr James Manik.

Lebih lanjut, selain menerjunkan tim kesehatan, Kolinlamil juga menurunkan prajuritnya untuk membantu proses pengamanan dengan tujuan agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat proses vaksinasi. [Adang]