Pangdam XII/Tpr Pimpin Sertijab Kasdam

Sabtu, 21 Agustus 2021

Kubu Raya, BorneOneTV.com- Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kasdam XII/Tpr dari Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., kepada Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M, di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr, Sabtu (21/8).

Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., mendapat promosi menjadi Deputi Bid Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam. Sedangkan Brigjen TNI Djauhari S.E., M.M., sebelum menjabat sebagai Kasdam XII/Tpr adalah Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers.

Serah terima jabatan diawali dengan tradisi penerimaan yakni penciuman Pataka Kodam XII/Tpr Carathana Jitavina oleh pejabat baru. Dilanjutkan dengan laporan resmi dan penandatanganan naskah berita acara serah terima oleh pejabat lama dan pejabat baru disaksikan Pangdam XII/Tpr.

Selain Sertijab Kasdam XII/Tpr dalam kesempatan tersebut sekaligus juga dilaksanakan Sertijab Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tpr dari Ny. Dewi Djaka Budhi Utama kepada Ny. Heni Purnama Sari Djauhari.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam acara menyampaikan, jabatan Kepala Staf di tingkat Kodam adalah sebagai pembantu utama Pangdam yang memegang peranan penting dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan semua aspek manajemen staf dalam lingkup Kodam.

Untuk mewujudkan fungsi tersebut, kata Pangdam, maka Kasdam dituntut memiliki kemampuan dalam memahami dan menjabarkan esensi serta arah kebijakan Pangdam secara komprehensif, kreatif, responsif dan proaktif, sehingga mampu memberdayakan semua unsur staf menjadi suatu kesatuan yang sinergis.

“Selain itu, dibutuhkan pula kearifan dan kematangan dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak, yang pada akhirnya mampu mengambil langkah dan tindakan secara tepat, sesuai dengan arah kebijakan Pangdam,” ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Kepada Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M.,  beserta Ny. Heni Djauhari, Pangdam mengucapkan selamat datang di Bumi Khatulistiwa Kodam XII/Tpr dan atas kepercayaan yang diberikan pimpinan Angkatan Darat untuk menjabat sebagai Kasdam XII/Tpr dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tpr.

Selanjutnya Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengharapkan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik serta selalu menciptakan iklim kerja yang kondusif, baik di lingkungan staf maupun dalam memelihara hubungan kerja dengan lembaga atau instansi lainnya dan masyarakat.

“Saya yakin dan percaya dengan berbekal kemampuan dan pengalaman jabatan sebelumnya, saudara akan dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sedangkan kepada Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Kasdam XII/Tpr dalam mengkoordinir kegiatan staf sekaligus mewujudkan pembinaan administrasi internal guna memacu kinerja Kodam XII/Tpr.

Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tulus kepada Ny. Dewi Djaka Budhi Utama, yang selama ini menjadi Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tpr. Ny. Dewi Djaka Budhi Utama aktif dalam kegiatan kepengurusan Persit sehingga organisasi Persit KCK PD XII/Tpr semakin maju dan berkembang sampai saat ini.

“Semoga karya dan bakti selama ini, dapat membawa manfaat yang besar guna menghadapi tugas dan pengabdian selanjutnya. Saya ucapkan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru semoga keberhasilan, kesehatan dan kesejahteraan, senantiasa menyertai saudara sekeluarga,” ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (L4Y).