Banjir meluas di  5 Kecamatan Kabupaten Kapuashulu Akibat Intesitas Hujuan Tinggi

Kondisi Banjir di Kapuashulu

 

BorneneTV.com Kapuashulu ,Kalbar – Banjir meluas di lima kecamatan  kabupaten  Kapuas hulu  akibat insensitas hujan tinggi belakangan iini sehingga  sungai kapuas kembali meluap dan menggenangi ratusan ribu rumah pendudukan  .

Menurut kepala BPBD Kapuas hulu ,Gunawan sejak   sabtu hingga senin kemaren intensitas hujan di kapuas hulu sangat  tinggi ,sehingga memicu air sungai kapuas meluap dan menggenagi ratusan ribu rumah penduduk di lima keacamtan di kapuas hulu , diantaranya kecataman mentebah ,Kecamatan Kalis ,Kecatman Boyan ,Tepuai .Dari  pantauan udara kondisi banjir yang paling parah adalah kecamtan kalis ,kecamatan boyan .mentebah dan tepuai .

Berdasarkan data dari BPBD Kapuashulu ,perkirakan ratusan ribu rumah penduduk dan rumah ibadah , rumah sekolah dan pasar tradisonal di Kapushulu digernangi air mulai dari semata kaki hingga dua meter.

Sampai saat ini warga masih enggan untuk mengungsi ,karena kondisi banjir seperti ini hanpir  setiap tahun melanda Kabuoaten Kapuashulu  ,jika baniir terus meluas pihak BPBD setempat  akan mendirikna pokso banjir dan dapur umum bagi korban banjir,ungkap Gunawan .

Menurut bupati Kapuashulu ,Fransiskus Diaan “banjir besar di Kapuashulu  terjadi tidak lagi dalam kurun waktu  10 tahun sekali ,namun belakangan  ini setiap tahun terjadi banjir besar  akibat pendangkalan sungai kapuas  ,ungkap bupati saat melakukan peninjauan banjir disejumlah wilayah di Kapuas hulu .

Bupati  bersama kapolres dan instansi terkait melakukan peninjauan banjir melalui udara menggunakan pesawat ultrafligh milik BBTNBK DS Kapuashulu ,TNI -POLri  siap membantu mengevakuasi korban banjir  jika ketinggian air semakin tinggi ,ungkap Kapolres Kapuashulu AKBP Wedy Mahadi .

Kapolres Kapuas hulu meminta warga tetap tenang dan wasapad bajir susulan , kiirman dari perhuluan kapuas hulu karena curah huja yag masih tinggi (tut wuri /sigit )