Jelang Berakhir Masa Jabatan, Konsul Malaysia di Pontianak Berpamitan Dengan Gubernur 

Senin, 23 Agustus. 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Konsul Malaysia di Pontianak Encik Mohiudin Ghazali melakukan kunjungan kerja terakhirnya ke Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji S.H., M.Hum., di ruang kerja Gubernur Kalbar, pada hari senin, (23/ 8/ 2021).

Kunjungan tersebut, seiring dengan masa tugasnya yang berakhir menjadi Konsul Malaysia di Pontianak.

Encik Mohiudin Ghazali mengungkapkan sangat berterimakasih kepada Gubernur Kalbar atas kerjasama dan hubungan diplomatik yang terjalin sangat baik antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan Negara Malaysia.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalbar atas sambutan dan kerjasame yang begitu akrab sekali yang saya hadapi selama lima tahun setengah di sini [Pontianak]. Dari kerjasame tuh kita bisa liat perubahan-perubahan dan kebaikan yang telah dilakukan, khususnye pembenaan pembangunan diperbatasan dan kerjesame itu sudah pasti diteruskan,” ungkap Konsul Malaysia di Pontianak Encik Mohiudin Ghazali dengan bahasa Malaysia.

Meskipun demikian, dirinya juga menyatakan perlu adanya perbaikan di sektor perdagangan agar terwujudnya perdagangaan yang lebih baik khususnya diperbatasan antara Provinsi Kalbar dengan Negara Malaysia.

“Antara perkare yang boleh kite perbaiki kehadapan itu, berkenaan dengan perdagangan diantere Sarawak dengan Kalbar itu dan perkare ini saye percaya kedudukan pihak Sarawak dan Kalbar untuk menyelesaikan perdagangan di perbatasan ini untuk manfaat kedue belah negare,” tuturnya.

Encik Mohiudin Ghazali menabahkan, ia sangat sedih harus meninggalkan Provinsi Kalbar khususnya Kota Pontianak yang telah memberi kesan tersendiri baginya berserta keluarganya. Dimana salah satu anaknya yang lahir di Kota Pontianak.

“Perasaan saya sedih terpakse saye hadapi sekarang untuk meninggalkan kote Pontianak yang telah memberi banyak kepade saye, seperti contohnye anak saye pun yang bungsu yang dilahirkan di Pontianak. Jadi saye ucapkan berterimakasih kepade seluruh warge Pontianak khususnye dan Kalbar secara amnye,” terharunya.

Sementara, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji S.H., M.Hum., menuturkan terimakasih kepada Konsul Malaysia di Pontianak Encik Mohiudin Ghazali atas kerjasamanya selama ini antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan Negara Malaysia, khususnya kerjasama tentang masalah Oksigen yang terjalin sangat baik disaat pandemi Covi-19 yang melanda di Provinsi Kalbar.

“Saya mewakili Pemerintah Provinsi Kalbar sangat berterimakasih kepada Konsul Malaysia khususnya kerjasama Oksigen kemaren, ini bukti bahwa kedua negara perbatasan ini soal kemanusiaan kita bisa secepat itu penanaganannya,” ungkap Gubernur Kalbar H. Sutarmidji S.H., M.Hum.

Lanjutnya, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji S.H., M.Hum., menuturkan bahwa untuk menjalin kerjasama dalam perdagangan antara dua negara berencana pihak Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia akan membangun pusat dan kantor perdagangan di Pontianak.

“Insyallah nanti akan ada kantor dan pusat perdagangan sarawak di Pontianak, mudah-mudahan dengan begitu kita masih terus berbenah di perbatasan untuk meningkatkan volume perdagangan antara Kalbar dengan Malaysia melalui Sarawak. Untuk sekarang eksport ke Malaysia melalui perbatasan Badau, Kabupaten Putusibau, sudah dilakukan mudah-mudahan kedepan volumenya semakin besar dan kita akan menjalin kerjasama di bidang kesehatan dan bidang lainnya,” harapannya.

“Saya ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru sehat selalu dan sukses selalu,” ujarnya.(L4Y).