banner 120x600

Wadan Lantamal XII Lepas Keberangkatan Pelaku Latihan YTP Yonif Reider 641/Bru Dengan 4 KRI

banner 120x600

Senin, 23 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Komandan Lantamal XII diwakili Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.Ap., M.Si dan didampingi oleh Asisten Operasi Danlantamal XII Letkol Laut (P) Baharudin., S.M., M.H., M.Tr.Hanla, mengikuti Upacara pelepasan Pelaku Latihan Batalyon Teknis Pertempuran (YTP) Yonif Reider 641/BRU Kodam XII Tanjungpura, di Dermaga 02 Pelabuhan Dwikora Pelindo II, Kota Pontianak, Minggu, (22/08).

Sebanyak empat kapal perang yang tergabung dalam unsur Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) di bawah kendali Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam Latihan Operasi pendaratan Administrasi (Latopsratmin).

Unsur-unsur Kogasgabratmin tersebut membawa 772 prajurit dan material tempur yang terdiri atas 29 Unit Kendaraan Tempur berbagai type di KRI Teluk Bintuni-520, dan 27 Unit di KRI Teluk Banten-516, selanjutnya bertolak menuju daerah latihan yaitu di pantai Lampung.

Latopsratmin tahun 2021 ini merupakan salah satu latihan Operasi Gabungan TNI pada Operasi Militer Perang (OMP). Latihan yang dilaksanakan TNI AL bersama TNI AD tersebut merupakan latihan secara bertingkat dan berlanjut yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan Latihan Opsgab TNI lainnya seperti yang telah diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut.

Personil Batalyon Infanteri Reider TNI AD TA. 2021 yang ikut pada unsur Latopsratmin tersebut akan melaksanakan latihan di Pusat Latihan Tempur Kodiklatad, Batu Raja Sumatera Selatan, guna memelihara kesiapan operasi satuan dan meningkatkan profesionalisme seluruh prajurit TNI Angkatan Darat.

Adapun pejabat yang hadir dalam Upacara pelepasan Pelaku Latihan Batalyon Teknis Pertempuran (YTP) Yonif Reider 641/Bru  Kodam XII Tanjungpura TA. 2021, ini antara lain Dirlat Kodiklat TNI Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani, S.E., Danpuslat Kodiklat TNI Marsekal Pertama TNI Andi Heru Wahyudi.,  Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Irdam XII/Tpr Brigjen TNI Widhio Seno, Kapok Sahli Pangdam XII/Tpr Brigjen TNI Handoko Nurseta,  Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro S.AP., M. Tr. (Han), Asops Lantamal XII,  Letkol Laut (P) Baharudin., S.M., M.H., M.Tr.Hanla., dan Aspotmar Danlantamal Kolonel Laut Agustiawarman.

Selanjutnya  KRI Teluk Banten – 520 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Joko Purwanto, KRI Teluk Bintuni – 516 dengan komandannya Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, dan Mayor Laut (P) Nanang Khunaifi sebagai  KRI Sembilang-850, serta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar sebagai Komandan KRI Celurit-641, bertolak dari Pontianak berangkat menuju daerah operasi dan dilepas oleh Tim Merploog yang dipimpin oleh Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Suhendro S.AP., M. Tr. (Han), dengan jajar kehormatan. “selamat berlayar dan bertempur”. (L4Y).

%d blogger menyukai ini: