Inilah Sosok Kolonel Pnb A Gogot W, Mantan Danskadud Supadio Yang Ditunjuk Panglima TNI Jadi Danlanud JA Dimara

Selasa, 24 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk mantan Komandan Skadron Udara (Skadud) 51 Wing 7 Lanud Supadio yang pertama Tahun 2015-2016 Kolonel Pnb Agustinus Gogot Winardi menjadi Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Johanes Abraham Dimara Marauke menggantikan Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto yang dicopot dari Jabatannya oleh Panglima TNI karena dianggap tidak mampu membina anak buahnya hingga membuat tindakan yang berlebihan kepada warga Sipil di Marauke beberapa waktu lalu.

Penunjukan PAMEN TNI AU ini ditindak lanjuti oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dengan mengeluarkan Keputusan KSAU Nomor: Kep/23-PKS/VII/2021 tanggal 28 Juli 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI AU.

KSAU meminta Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) III, Marsekal Muda (Marsda) Bowo Budiarto untuk segera memimpin upacara Sertijab Danlanud JA Dimara agar Jabatan Danlanud JA Dimara dari

Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto segera dikomandoi oleh Kolonel Pnb Agustinus Gogot Winardi.

Keputusan KSAU Nomor: Kep/23-PKS/VII/2021 tanggal 28 Juli 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI AU lalu ditindak lanjuti oleh Pangkoopsau III Marsda Bowo Budiarto dengan melantik Kolonel Pnb Agustinus Gogot Winardi sebagai Komandan Lanud JA Dimara menggantikan Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto, yang dicopot imbas dua prajurit TNI AU menganiaya warga sipil pada Senin (26/7) di  gedung serbaguna Mako Lanud J.A. Dimara, Merauke, Provinsi Papua, Jumatl (27/7).

Upacara Serah terima jabatan (Sertijab) ini dipimpin langsung Panglima Komando Operasi Angkatan Udara III (Pangkoopsau III), Marsda TNI Bowo Budiarto dan berlangsung secara tertutup di gedung serba guna Mako Lanud J.A. Dimara, Jumat (30/7).

Pergantian jabatan Danlanud Johanes Abraham Dimara itu berdasarkan Keputusan Kasau Nomor: Kep/23-PKS/VII/2021 tanggal 28 Juli 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Di Lingkungan TNI AU.

“Sertijab Danlanud J.A. Dimara ini, seharusnya belum terjadi, tapi itulah resiko pekerjaan yg merupakan tanggung jawab kita semua,” ucap

Marsda TNI Bowo Budiarto saat memimpin Upacara Sertijab Danlanud J.A Dimara Marauke.

Pangkoopsau III berharap, kejadian serupa tidak terulang lagi dan menjadikannya sebagai bahan intropeksi dan evaluasi untuk pelaksanaan tugas mendatang.

PAMEN TNI AU saat menyandang pangkat Letnan Kolonel Penerbang (Letkol Pnb) dilantik oleh Pangkoopsau I Marsda TNI Agus Dwi Putranto menjadi Komandan Skadron Udara (Skadud) 51 Wing 7 Lanud Supadio yang pertama Tahun 2015-2016.

Selepas menjabat Danskasud 51 Lanud Supadio, Kolonel Pnb Agustinus Gogot Winardi dilantik oeh Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Dody Trisunu menjadi Danlanud Timika tanggal 19 Juli 2016.

Kemudian di Tahun 2017, Kolonel Pnb Agustinus Gogot Winardi mendapat tugas baru sebagai Pabandyaeval Sops Kas Kohanudnas, dan Tahun

2020 dipercaya untuk menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Air Power Koopsau I.

Dikutip dari berbagai sumber, Kolonel Pnb Agustinus Gogot Winardi merupakan perwira TNI AU yang berasal dari Ambarawa, Jawa Tengah kelahiran Ambarawa, Kabupaten Semarang pada 8 Mei 1976 serta Alumni AAU Tahun 1997 juga pernah diangkat menjadi Perwira Pembantu Utama (Paban) I/Binlambangja.

(L4Y).