Mantan Dirreskrimum Polda Kalbar Dilantik Jadi Sestama Lemhanas RI

Selasa, 24 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Mantan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Kalbar Tahun 2011-2013 Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si dilantik oleh Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Lemhannas RI menggantikan Komjen Pol Didid Widjanardi di Aula Gedung Lemhanas RI, Selasa, (13/4) beberapa waktu lalu.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 72 Tahun 2021 tentang Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Lemhannas RI.

Dengan jabatan Sestama Lemhanas RI, PATI Polri lulusan Akpol Tahun 1988 ini memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi berdasarkan Keputusan Presiden yang terdaftar dengan nomor 48/Polri/2021 tentang kenaikan pangkat ke dan dalam golongan Polri.

Gubernur Lemhanas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo pada saat pelantikan menyampaikan bahwa pelantikan dan pengangkatan sumpah janji pejabat Sekretaris Utama (Sestama) Lemhannas RI merupakan salah satu sarana regenerasi dan penyegaran pembinaan karier personel.

“Bagi Lemhannas RI, pelantikan jabatan memiliki makna penting dan strategis sebagai jawaban dari tuntutan dan tantangan tugas. Kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan negara kepada pejabat yang dilantik merupakan amanah yang harus dijalani dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab,” kata Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Dikatakannya, jabatan Sekretaris Utama selaku Pejabat Pimpinan Tinggi Madya merupakan salah satu jabatan strategis pada suatu Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK).

“Saya berpesan, agar Sekretaris Utama menyiapkan langkah-langkah strategis, mempertahankan apa yang sudah baik dan memperbaiki atau meningkatkan hal-hal yang menjadi bahan evaluasi,” pesannya.

Komjen. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. kelahiran Jakarta, 2 Oktober 1966; adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 18 Februari 2021 mengemban amanat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

Komjen. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan Jenderal Bintang tiga ini sebelum Sestama Lemhanas RI adalah Kepala Kepolisian Daerah Lampung.

Beberapa Riwayat Jabatan yang pernah diemban sejak dilantik sebagai Pama Polri dengan Pangkat Letnan Dua (Letda) diantaranya sebagai

Kapolres Metro Bekasi (2005), Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya (2007), Penyidik Utama Tk. II Dit I/Kamtrannas Bareskrim Mabes Polri (2008),

Dir Reskrim Polda Malut (2010), Dirreskrimum Polda Kalbar (2011), Dirreskrimum Polda Jateng (2013), Wadirtipidter Bareskrim Mabes Polri (2015), Karokerma KL Sops Mabes Polri (2016)

Dirtipidter Bareskrim Mabes Polri (2016), Wakapolda Metro Jaya (2017), Kapolda Lampung (2018) dan Sestama Lemhannas RI (2021-sekarang). (L4Y).