Plh Sekda Kalbar Ingatkan Pentingnya Pencatatan dan Pengamanan Aset Dalam P3D

Jumat, 27 Agustus 2021

Pontianak , BorneOneTV.com- Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kalbar (Plh Sekda Kalbar Ir. Sukaliman, M.T mengingatkan bahwa aset-aset yang sudah tidak dipergunakan harus diamankan dan dimanfaatkan.

“Pemanfaatan, pencatatan, serta pengamanan aset perlu segera dibenahi dan jangan sampai terbengkalai. Jangan sampai hal kecil menimbulkan masalah besar. Demikian pula dengan dokumentasi, jangan sampai ada berkas-berkas yang berserakan dan harus segera mengantisipasi pengamanannya,” ingat Ir

Sukaliman, M.T, Kamis (26/8), saat menjadi Keynote Speaker Web Seminar (Webinar) Percepatan Penataan Perangkat Daerah (P3D) dan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pasca Penyederhanaan Birokrasi secara virtual di Ruang Audio Visual Kantor Gubernur Kalbar.

Pemprov Kalbar menugaskan Biro Organisasi Setda Kalbar untuk mengkoordinir dengan menggunakan cara yang tepat untuk mencapai visi misi Pemprov Kalbar, terutama cara melaksanakan pemerintahan yang baik, efektif, efisien, akuntabel, transparan, serta membangun infrastruktur melalui tata kelola yang baik.

Webinar ini dimoderatori oleh Kepala Biro Organisasi Setda Kalbar, Rita Hastarita, M.Si dan dihadiri oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalbar, Drs. Alfian Salam, M.H. dan Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kalbar, Sekundus, S. Sos., M.M.

Dikatakannya, Penyederhanaan birokrasi terdiri dari 2 perangkat daerah yang dihapus yaitu Dinas Energi Sumber Daya Mineral dan Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sungai Bangkong, serta 11 UPT yaitu UPT Laboratorium Bahan Konstruksi, UPT Industri Pangan Olahan dan Kemasan, UPT Pendidikan dan Pelatihan Pertanian, UPT Balai Benih Induk Hortikultura, UPT Latihan Kerja Industri, UPT Latihan Industri Entikong, UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, UPT Taman Budaya, UPT Pelayanan Kesehatan Paru, UPT Pembibitan Ternak dan Pangan Ternak, UPT Akper Sintang.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat konsolidasi dan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terwujudnya seluruh visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

“Seluruh cita-cita yang tercantum dalam RPJMD akan sulit tercapai jika kita tidak bersinergi. Oleh karena itu, perlu ada sarana untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Plh Sekda.

Untuk mencapai visi dan misi tersebut, kita harus mempercepat pembangunan infrastruktur, mencerdaskan masyarakat yang produktif dan inovatif, mencapai masyarakat yang sejahtera melalui perekonomian, mencapai masyarakat yang tertib, dan melaksanakan seluruh tugas pembangunan dengan mengedepankan kelestarian lingkungan.

“Seluruh misi ini harus ditopang dengan birokrat yang baik,” harap Sukaliman, M.T.

Birokrasi yang transparan yaitu birokrasi yang melayani dengan memperhatikan keinginan-keinginan publik.

Plh Sekda Kalbar berharap, pertemuan daring ini menjadi momen konsultasi dan koordinasi dalam menyelesaikan hal-hal yang belum rampung sehingga mendapatkan rumusan atau gambaran tentang bagaimana melaksanakan tata kelola P3D, khususnya bagi OPD dan UPT yang dirasionalkan.

“Kami juga berharap momen ini dapat dipergunakan sesuai dengan peruntukannya, sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pimpinan,” harapnya. (L4Y).