Hadiri Kejuaraan Menembak PERBAKIN cup, Gubernur Kalbar Harapkan Olahraga Menembak Terus Berkembang di Kalbar

Sabtu, 28 Agustus 2021

Kubu Raya, BorneOneTV.com- Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum menghadiri Kejuaraan Menembak Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN) CUP Tahun 2021 di Lapangan Tembak Indoor “RAHMAT” Kodam XII/Tpr, Sabtu (28/8).

Selain dihadiri Gubernur Kalbar, Kejuaraan Menembak PERBAKIN CUP ini juga dihadiri Pangdam XII/Tpr yang diwakili Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, SE, MM, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Ketua PERBAKIN Kalbar Dr Masyhudi, SH, MH, Wali Kota Pontianak Ir H Edi Rusdi Kamtono, MM, MT, Wakil Wali Kota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si, Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si, dan Ketua KONI Kalbar Fachrudin D Siregar .

Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum menyampaikan Kejuaraan Menembak ini sangat bagus sekali, apalagi untuk generasi muda dalam mendisiplinkan dan mengendalikan diri.

“Saya harap, Olahraga menembak ini terus berkembang di Provinsi Kalbar dan bisa menjadi olahraga andalan kita untuk Nasional maupun Internasional. Saya rasa itu bisa, terjum payung atlet kita banyak, dan bagus-bagus, apalagi nembak,” harap H Sutarmidji, SH, M.Hum, usai menghadiri dan sekaligus membuka Kejuaraan Menembak PERBAKIN CUP Tahun 2021 di Lapangan Tembak Indoor “RAHMAT” Kodam XII/Tpr.

Pembukaan Kejuaraan Menembak PERBAKIN CUP ini ditandai dengan pelepasan burung Punai oleh Gubernur Kalbar H Sutarmidji dan disaksikan oleh Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, SE, MM, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Ketua PERBAKIN Kalbar Dr Masyhudi, SH, MH, Wali Kota Pontianak Ir H Edi Rusdi Kamtono, MM, MT, Wakil Wali Kota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si, Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si, dan Ketua KONI Kalbar, Fachrudin D Siregar.

Dikatakannya, semangat dalam Kejuaraan menembak selalu diimplementasikan oleh PERBAKIN dalam melihat dimana ada lapangan menembak, PERBAKIN Kalbar selalu mengadakan Kejuaraan Menembak.

“Kalau perlu, buat lapangan tebak oleh Pemerintah daerah, agar terlahir atlet penembak berprestasi,” pintanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, masih kata mantan Wali Kota Pontianak akan melakukan pembenahan sarana dan prasarana olahraga.

“Saat ini, Pemprov Kalbar sudah menambah lapangan bulu tangkis menjadi 4 lapangan. Kifa sudah mulai pembenahan, tahun depan kita fokus bangun infrastruktur dan sarana dan prasarana olahraga,” jelasnya.

Ketua PERBAKIN Kalbar Dr Masyhudi, SH, MH, mengatakan, Kejuaraan Menembak ini laksanakan dalam rangka meningkatkan imun tubuh.

“Ini komitmen Kepala daerah untuk memajukan olahraga menembak,” kata Dr Masyhudi, SH, MH.

Dalam olahraga, kata KAJATI Kalbar, prestasi dan sarana menjadi paralelnya prestasi, sehingga atlet menembak Kalbar siap mendukung dan menyediakan lahan untuk membangun lapangan tebak sebagai sarana pembinaan latihan para atlet.

“PERBAKIN bukan ajang untuk gagah-gagahan memegang senjata api kesana kemari, justru senjata api bisa untuk mengendalikan diri dan emosi,” pesannya.

Sementara Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutan yang dibacakan Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum PERBAKIN Kalbar atas kepercayaan yang diberikan kepada Kodam XII/Tpr sebagai tempat  diselenggarakannya kejuaraan ini.

Pangdam berpesan kepada para atlet untuk melaksanakan pertandingan ini dengan penuh kesungguhan dan semangat, guna meraih prestasi yang setinggi-tingginya. Tetap menjunjung tinggi sportivitas dan soliditas diantara sesama atlet agar nilai persaudaraan dapat terbina dengan baik, serta mentaati semua peraturan yang berlaku.

“Manfaatkan sarana dan prasarana yang ada dengan sebaik-baiknya, tetap jaga kebersihan lingkungan maupun fasilitas yang ada dan yang paling utama tetap jaga faktor keamanan selama kejuaraan ini berlangsung. Tetap patuhi protokol kesehatan, sehingga kita semua tetap aman dari penyebaran Covid-19,” pesan Pangdam XII/Tpr selaku Pembina Tanjungpura Army Shooting Club.

Kejuaraan ini merupakan agenda PERBAKIN pada bidang tembak sasaran. Terbagi menjadi dua kategori yaitu Pistol dan PCP.

Untuk kelas pistol ada 3 kelas yakni tembak sasaran 25 meter untuk TNI-Polri, tembak sasaran 25 meter Sipil putra dan Sipil Putri. Kemudian untuk PCP ada tripost 33 meter.

Kejuaraan ini diikuti oleh 50 peserta dari TNI-Polri dan 50 peserta sipil dan untuk PCP diikuti 60 peserta.

Kejuaraan ini merupakan ajang pembinaan atlet-atlet baru yang handal bagi kalbar tentunya untuk masa-masa yang akan datang. (L4Y).