Pentingnya Mengetahui Pola Pendidikan Anak Sejak Dini di Masa Pandemi

Sabtu, 28 Agustus 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar sekaligus Bunda PAUD Provinsi Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji menjadi narasumber pada kegiatan Bunda Menyapa Episode 1 dengan tema Mengembangkan Literasi Dasar Anak Usia Dini Yang Berkualitas di Ruang Analisis Data Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jumat, (27/8).

Acara tersebut turut menghadirkan 2 narasumber lainnya, yakni Bunda PAUD NTB, Ny. Niken Saptarini Widyawati Z, dan Bunda PAUD Aceh, Ny. Dyah Erti Idawati.

Sebagai bentuk apresiasi 3 terbaik video konten ”Inspiratif Bunda PAUD Membacakan Buku Anak”, maka ketiga Bunda PAUD tersebut diundang menjadi narasumber.

“Besinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Kalimantan Barat dan beberapa kepala daerah untuk memajukan PAUD yang ada di Kalimantan Barat, kami telah membentuk Pokja Bunda PAUD. Webinar ini membahas tentang bagaimana cara mendidik anak di masa pandemi, serta keterlibatan orang tua untuk menjadi guru bagi anak PAUD yang ada di seluruh kab/kota,” papar Hj. Lismaryani.

Beliau menambahkan, selama pandemi, kita harus mampu menjadi guru, harus sabar dan bisa membentuk karakter anak. Kita juga harus bisa menjadi contoh untuk anak di rumah, karena apapun yang kita lakukan sudah pasti dicontoh oleh anak usia dini. Dari sinilah karakter anak usia dini terbentuk.

“Per Senin (23/8/2021) anak-anak PAUD sudah dapat bersekolah dengan kondisi seperti sekarang ini. Namun, Kota Pontianak masih berada di PPKM level 3, akan lebih baik bila anak-anak tetap di rumah, dikarenakan mereka belum mengerti dan belum paham Covid-19. Semua ini dilakukan demi keselamatan anak sebagai penerus bangsa. Saya berharap seluruh guru dan orang tua selalu dapat menjadi contoh bagi anak di masa pandemi ini,” harap Bunda PAUD Prov Kalbar.

(L4Y).