Tingkatkan Kewaspadaan dan Kemampuan, Personel Lanud Supadio Gelar Latihan PHH dan Kamhanlan

Kubu Raya,BorneOneTV- Meningkatkan kemampuan dan kewaspadaan terhadap semua keadaan, Personel Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio pun menggelar latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH).
Kegiatan yang berlangsung di Depan Hanggar Lanud Supadio tersebut, dilanjutkan dengan latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan), yaitu dilakukan dengan menyusuri wilayah sekitar Lanud Supadio.
Latihan PHH dan Kamhanlan yang diikuti oleh puluhan personel tersebut berlangsung pada Rabu (1/9/2021).

Latihan ini sendiri, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya kerawanan yang menggangu keamanan di sekitar Lanud dan Bandara Supadio.

“Sekaligus meningkatkan kemampuan setiap personel Lanud Supadio, terutama dalam pengamanan dan patroli kewilayahan,” ujar Kepala Dinas Personel (Kadisops) Lanud Supadio, Kolonel Pnb Agung Indrajaya.

Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) Semester 2 TA 2021 ini, dilaksanakan oleh prajurit Lanud Supadio, yang merupakan latihan rutin. Dilaksanakan secara rutin, karena latihan ini sangat penting bagi setiap prajurit, terutama untuk mengetahui kondisi terkini wilayah ring 1 Lanud Supadio.
“Rute latihan Kamhanlan dimulai dari Makolanud, kemudian mereka berjalan menuju ke Skadron Udara 1, seterusnya berjalan menyusuri jalan connecting di sepanjang runway Bandara Supadio,” jelas Kadisops.

Dansathanlan Lanud Supadio, Mayor Pom Aswinto Gaib, SH yang juga selaku Komandan Latihan (Danlap), menjelaskan bahwa latihan ini dilakukan dalam dua sesi. Yang pertama adalah latihan formasi PHH, untuk penanggulangan huru-hara yang mungkin bisa saja terjadi di Lanud Supadio.
“Kemudian, yang kedua adalah Latihan Kamhanlan, dilakukan dengan cara patroli batas dan patok wilayah Lanud Supadio, serta patroli Obyek Vital (Obvit) Bandara Internasional Supadio,” tutur Dansathanlan.

Adapun tujuan latihannya, lanjut Mayor Pom Aswinto Gaib, adalah membentuk kesiapan dan kemampuan prajurit dalam menjaga keamanan Lanud Supadio.

ia juga menyebutkan, bahwa Latihan PHH dan Kamhanlan ini rutin dilaksanakan dan melibatkan prajurit gabungan Lanud Supadio, Skadron Udara 1, dan Skadron Udara 51, serta anggota Wanita Angkatan Udara (Wara)

“Dalam latihan ini, setiap prajurit dipersenjatai dengan senjata laras panjang, Jenis SS-1 dan mereka dibagi menjadi tiga pleton yang masing-masing pleton dipimpin oleh satu orang Perwira Pertama (Pama),” ujar Mayor Pom Aswinto.