Dilantik Jadi Kepala Biro Hukum dan Humas, Dr. H. Sobandi, S.H., M.H.,: Mahkamah Agung Siap Bersinergi Dengan Insan Media

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia, Dr. H. Sobandi, S.H., M.H. saat perkenalan dengan media, Jumat (3/9/21). Foto: borneonetv/Adang

Jakarta, borneonetv.com  –  Dengan mengusung semangat kebersamaan antara Mahkamah Agung dan insan media serta untuk meningkatkan kinerja, Mahkamah Agung mengadakan perkenalan Kabiro yang baru kepada para wartawan di ruang Media Center Harifin A. Tumpa, Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat, (3/9/21).

Seperti diketahui, Sekretaris Mahkamah Agung R I, Hasbi Hasan pada hari Senin tanggal (30/08/2021) telah resmi melantik Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia yang baru yaitu Dr. H. Sobandi, S.H., M.H.

Dalam kegiatan tersebut, Kabiro Hukum dan Humas MA, Sobandi mengatakan bahwa dia siap 24 Jam membantu memberi Informasi, berkoordinasi, bekerjasama juga siap melayani rekan media bila meminta informasi di lingkungan Mahkamah Agung tetapi tetap berpegangan dengan undang-undang yang berlaku karena tidak semua informasi diberitahukan ke Publik atau media.

Ia juga meminta semua pihak atau masyarakat, khususnya jajaran media untuk menjaga marwah Mahkamah Agung sebagai pelaku kekuasaan Kehakiman. Karena menurut Sobandi Mahkamah Agung bukan milik jajaran Pengadilan atau Mahkamah Agung saja tetapi milik semua kalangan Masyarakat Indonesia.

“Jadi kalau kekuasaan Kehakiman, atau Mahkamah Agung telah runtuh, akan sulit untuk mencari keadilan. Untuk itu, saya meminta agar semua pihak untuk mencintai dan menjaga marwah Mahkamah Agung,” katanya.

 

Biografi

Pria kelahiran Karawang pada 4 Februari 1969 ini menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Negeri Tunggak Djati 3 Karawang Tahun 1983, SMPN 5 Karawang pada Tahun 1986, dan kemudian SMA Negeri 1 Karawang pada tahun 1989.

Kemudian, Sobandi menempuh pendidikan strata satu (S1) Fakultas Hukum (FH Universitas Islam Bandung pada Tahun 1993, dan S2 dari Magister Hukum di Pascasarjana FH Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada Tahun 2008, serta S3 dari FH Universitas Sriwijaya Palembang pada Tahun 2018.

Dalam perjalanan Kariernya Sobandi memulai kariernya sebagai hakim dimulai dari Calon Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Brebes (1996-2000). Diangkat menjadi hakim pertama kali di PN Blangkejeren, Aceh Tahun (2000-2001), kemudian dimutasi menjadi Hakim PN Sungai Penuh, Jambi (2001-2006), Hakim PN Kandangan, Kalimantan Selatan (2006-2008), Hakim PN Indramayu, Jawa Barat (2008-2010, dan Hakim PN Batam (2010-2013).

Setelah itu Sobandi dipromosikan menjadi Wakil Ketua PN Kayuagung, Sumatera Selatan (2013-2015), Ketua PN Sekayu Sumatera Selatan (2015-2017), Ketua PN Rantau Prapat (2017-2018), Ketua PN Depok 2018-2019), lalu Wakil Ketua dan naik menjadi Ketua PN Denpasar Kelas IA (2019-2021), serta menjabat sebagai Wakil Ketua PN Jakarta Pusat sekitar 1 Bulan 7 Hari.

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Republik Indonesia Sobandi memberi sambutan dan paparan dalam acara “Coffee Morning” didampingi Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Biro Hukum dan Humas MA Rudi Sudianto yang diselenggarakan di ruang Media Center Harifin A. Tumpa, Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (3/9/2021). Foto: borneonetv.com/Adang

Karir penulis buku Limitasi Hakim Gagasan Rekonstruksi Kewenangan Pengadilan Niaga ini makin moncer dikenal  publik saat menjadi ketua majelis hakim kasus First Travel tahun 2017 dan mengadili tiga terdakwa, yaitu Andika Surrachman, Aniessa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan. Ketiga terdakwa tersebut terlibat dalam penipuan dan penggelapan uang milik 63.310 calon anggota jemaah umrah dengan total kerugian mencapai Rp905 miliar akhirnya di jatuhi hukuman pidana penjara selama 20 tahun untuk Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan dengan pidana penjara selama 18 tahun, pidana denda kepada masing-masing terdakwa sebesar Rp10 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan kurungan masing-masing 8 bulan pada Mei 2018.

Pada 2020, bersama Dr. Muhamad Sadi Is, S.H.I., M.H., ia menulis buku berjudul Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia. Guna menyalurkan minat pada dunia pendidikan dan pengetahuan, di samping aktif mengajar di Fakultas Hukum Universitas Mahendradatta Bali, ia juga kerap menulis berbagai artikel yang dituangkan di blog pribadinya http://kisobandi.blogspot.com/

Dalam acara ramah tamah dan perkenalan dengan awak media tersebut, Kabiro didampingi Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Biro Hukum dan Humas MA Rudi Sudianto. [Adang]