Danlantamal XII Menyapa Peserta Vaksinasi Saat Serbuan Vaksinasi HUT Ke 76 TNI AL

Kamis, 9 September 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlanmal) XII/Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman ditemani Wakil Wali Kota Pontianak H Bahasan menyapa salah satu peserta Vaksinasi Covid-19 yang ketakutan untuk menerima suntikan Vaksin oleh Tenaga Kesehatan Lantamal XII/Pontianak di Tugu Khatulistiwa, Kamis (9/9).

“Jangan takut, tidak sakit saat disuntik, hanya sebenar saja sakitnya kayak digigit semut,” canda Danlanmal XII/Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman kepada peserta Vaksinasi yang ketakutan untuk disuntik vaksin saat meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII dalam rangaian HUT Ke 76 TNI Angkatan Laut di Tugu Khatulistiwa, Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Siantan Hilir. Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak.

Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Lantamal XII dalam rangkaian HUT Ke 76 TNI Angkatan Laut mendapatkan sambutan yang

Antusias dari masyarakat di Kota Pontianak dan sekitarnya baik dari Provinsi Kalbar maupun dari luar Provinsi di Indonesia juga mengikuti untuk menerima Suntikan vaksinasi di Tugu Khatulistiwa, Jalan Khatulistiwa.

Sejak pembukaan, serbuan vaksinasi Covid-19, masyarakat sudah menyerbu halaman Tugu Khatulistiwa untuk mendapatkan pelayanan suntikan vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Serbuan Vaksinasi Covid-19 Lantamal XII ini dalam Rangka HUT TNI Ke 76 Angkatan Laut ini mengusung tema “Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”

Vakainasi Covid-19 TNI AL Lantamal XII ini  menargetkan 1000 masyarakat divaksinasi oleh 3 Tim Tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal XII serta Tim Kesehatan TNI’Polri juga turut serta dalan Serbuan vaksinasi Covid-19 ini.

Menurut Danlanmal XII/Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Serbuan vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan secara serentak oleh TNI AL di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Lantamal XII/Pontianak, Serbuan Vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan di 4 titik di Kalbar.

“Kita melaksanakan Serbuan vaksinasi ini di 4 tempat, di Tugu Khatulistiwa, di Mall, di TPI Sungai Rengas, dan di Lanal Ketapang. Kita targetkan bisa capai 2000 Peserta yang divaksin,” ucap Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman saat ditemui usai meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi di Tugu Khatulistiwa.

Serbuan vaksinasi Covid-19 ini merupakan Perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., guna mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Covid-19 serta dalam rangka menyambut HUT Ke 76 TNI AL .

Vaksinasi covid-19 ini untuk melawan Covid-19 dan memutus rantai penularan Covid-19 dengan 5M yaitu Memakai Masker dengan baik dan benar menutupi hidung dan mulut, Mencuci tangan pakai sabun dan bilas dengan air mengalir, Menjaga jarak fisik 1-2 meter dengan orang sekitar.

Rangkaian kegiatan Ini bukan saja melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat maritim tapi, kemarin (Rabu-red), Lantamal XII Pontianak juga melaksanakan Baksos dan pemberian paket sembako kepada masyarakat.

“Tadi, kita (Lantamal XII-red) juga melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya. Besok kita akan laksanakan Upacara HUT Ke 76 TNI AL yang merupakan puncak acaranya. Ini merupakan rangkaian acara dalam menyambut HUT Ke 76 TNI AL,” jelasnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Pontianak H Bahasan memberikan apresiasi kepada Lantamal XII yang melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Kota Pontianak ini.

“Kami terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar mau divaksinasi kepada dirinya sendiri agar Hear immunity/kekebalan tubuh dirinya sendiri,” kata Bahasan,  saat ditemui usai mendampingi Danlanmal XII meninjau Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Tugu Khatulistiwa.

Saat ini, target yang harus tercapai oleh Pemerintah Kota Pontianak 473 ribu, dan ini baru terealisasi 42 persen vaksin dosis pertama dari target yang disiapkan. Vaksin dosis kedua baru 27 persen.

“Dengan penambahan Serbuan vaksinasi dari Lantamal XII ini, Insyaallah bisa terealisasi 50 ribu vaksinasi dalam sebulan ini,” ujarnya.

Pemerintah Kota Pontianak menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun Ke 76 TNI Angkatan Laut dan akan terus termotivasi, terus optimis, bahwa pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi ini bisa cepat usai dari Bumi Indonesia, khususnya Kota Pontianak.

“Selamat Atas HUT Ke 76 TNI AL yang kita cinta ini,” ucap Wakil Wali Kota Pontianak. (L4Y).