Florentinus Anum, Kadis TPH Kalbar Ikuti Seleksi Calon Sekda Kalbar

Rabu, 7 September 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Ir Florentinus Anum, M.Si, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalbar mengikuti Seleksi Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar.

Posisi Sekda Kalbar saat ini kosong setelah pejabat sebelumnya, AL Leysandri pensiun dan kekosongan Jabatan Sekda Kalbar membuat Gubernur Kalbar H Sutarmidji menunjuk Kepala Bappeda Kalbar, Ir Sukaliman, MT menjadi Pelaksana Hariann (Plh) Sekretaris Daerah Kalbar.

Berdasarkan surat tanggal 30 Agustus 2021 yang beredar dari Timsel yang diketuai Prof DR Kamarullah SH, sebagian besar merupakan pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar.

Ir Florentinus Anum, M.Si yang juga mantan Penjabat Sementara Bupati Sintang Tahun akan bersaing dengan 6 Calon Sekda Kalbar menuju tiga besar karena dari Panitia Seleksi (Pansel) akan menyerahkan tiga nama calon Sekda kepada Gubernur Kalbar untuk ditetapkan menjadi Sekda Kalbar.

Keenam Calon Sekda Kalbar bersama Florentinus Anum yang ikut seleksi diantaranya,

Alexander Rombonang, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Perbatasan Provinsi Kalbar, Bintoro, saat ini Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, Harisson, saat ini menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Ignatius IK, saat ini menjabat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Syarif Kamaruzzaman, saat ini menjabat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalbar dan Vinsensius, saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Landak.

Ir Florentinus Anum, M.Si Kelahiran Kabupaten Bengkayang, 14 Februari 1966 ini saat ini,  tercatat dalam Golongan IV/d Pembina Utama Madya sejak 01-04-2018 dan ditetapkan oleh Presiden RI.

Selama mengabdikan diri sebagai PNS, Florentinus Anum banyak menghabiskan waktu pengabdiannya di Kabupaten Sintang dari  Tahun 1997 hingga 2015 dan Tahun 2017 hingga sekarang bertugas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalbar.

Sebelumnya, PNS Strata 1 tahun 1991 Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Untan ini dipercayakan Gubernur Kalbar menjabat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar Tahun 2017-2020.

Pendidikan Florentinus Anum dimulai dari SD Gotong Royong Sompak dan lulus Tahun 1979, kemudian SMP Bersubsidi Nyarumkop dan Lulus Tahun 1982, lalu lulus SMA Santo Petrus Pontianak Tahun 1985, melanjutkan Pendidikan Strata 2 Jurusan Sosiologi Untan dan lulus Tahun 2003.

Florentinus Anum memulai karier di Jalur Birokrasi diawali dengan menjabat sebagai  Kasubsi Penanaman Dinas PKT Kabupaten Sintang Tahun 1997. Kemudian Tahun 1998 ditempatkan di Kasi Konservasi Tanah Dinas PKT Kabupaten Sintang.

Tahun 2001 sebagai Kasi Pemanfaatan dan Peredaran Hasil Hutan Dishutbun Kab Sintang, lalu sebagai Kasubdin Pengusahaan dan Perlindungan Hutan Dishutbun Kab Sintang Tahun 2005.

Tahun 2006, dipercaya menjadi Kabid Ekonomi Bappeda Kabupaten Sintang hingga menjadi  Kepala BP4KKP Kab Sintang Tahun 2009 dan Tahun 2015, dipercayakan oleh Bupati Sintang untuk menjabat sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Sintang.

Tahun 2017-2020, dipercaya oleh Gubernur Kalbar untuk menjabat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar dan Tahun 2021-sekarang, kembali dipercayakan oleh Gubernur Kalbar untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalbar. (L4Y).